PEKANBARU, GORIAU.COM - Budayawan Melayu Datuk Haji Tenas Effendy menilai Pameran Budaya Melayu yang kini sedang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan perlu terus dilaksanakan agar generasi mendatang selalu ingat akan budaya yang dimilikinya. Kegiatan pameran akan mengingatkan generasi muda kepada budayanya.

''Sudah semestinya kegiatan seperti ini dilaksanakan secara berkesinambungan baik oleh pemerintah pusat, daerah atau lembaga-lembaga berbasis budaya Melayu. Dengan kegiatan yang terus menerus akan menumbuh kecintaan terhadap budaya yang dimiliki, apalagi pada jika pada pameran tersebut terus ditingkatkan keberagaman kekayaan Melayu,'' ujar Tenas kepada wartawan usai pembukaan Pameran Budaya Melayu, Senin (3/12/2012).

Pada Pameran Budaya Melayu 2012 ini, berbagai peninggalan budaya Melayu juga dipamerkan , mulai dari peninggalan numismatik (mata uang) , stempel kuno, baju adat, peralatan musik, manuskrip , sampai dengan mainan anak – anak khas Melayu. ''Ini perlu terus ditampilkan dan terus ditingkatkan baik jumlah, keberagaman maupun keunikannya,'' tambahnya.

''Kita dari LAM Riau menyambut baik, dengan ditunjuk Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah dalam kegiatan yang ditaja Kemendikbud ini. Apalagi, pameran budaya melayu dilakukan ini untuk memberikan pemahaman tersendiri bagi generasi muda di Bumi Lancang Kuning,'' jelasnya. (rdi)