DOHA - Karateka andalan Indonesia, Ahmad Zigi Zaresta Yuda mencatat sejarah dengan masuk dalam 6 besar dunia sekaligus mendapat kesempatan memperebutkan medali perunggu pada cabang karate nomor kata perseorangan Wolrd Beach Games 1 2019.

Prestasi ini diraih setelah Zigi yang dipersiapkan untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020 berada di peringkat ketiga di babak semifinal Grup A yang berlangsung di Katara Beach Doha, Qatar, Minggu (13/10/2019) pukul 11,00 waktu setempat atau pukul 15.00 WIB. Membawakan jurus Gankaku, mantan juara dunia junior 2017 ini meraih 24,60 poin. Peringkat pertama direbut Damian Quintero (Spanyol) dengan mengantongi 26.00 poin dan posisi kedua ditempati Diaz Antonio (Venezuela) dengan 25,20 poin.  

Dalam perebutan medali perunggu, Zigi akan bertemu karateka Amerika Serikat, Gakuji Tojaki yang menempati posisi peringkat kedua Grup B dengan mengantongi 24,68 poin. Sedangkan satu medali perunggu lagi diperebutkan Diaz Antonio dengan karateka Kuwait, Salman Almosati yang menempati posisi ketiga di Grup B dengan 24,68 poin. 

"Ini sudah hasil maksimal karena saya boleh dibilang berada di grup 'neraka' dimana lawan-lawan yang dihadapi runner up dan peringkat ketiga dunia. Saya akan tampil habis-habisan untuk bisa meraih medali perunggu," kata Zigi yang ditemui usai pertandingan. 

"Saya bangga perjuangan Zigi yang tidak diunggulkan bisa menembus enam besar dunia dan mendapat kesempatan merebut medali perunggu. Mudah-mudahan Zigi mampu menampilkan yang terbaik sehingga medali perunggu bisa disumbangkan bagi Kontingen Indonesia," kata Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Hellen Sarita de Lima bersama Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Yuni Poerwanti saat memberikan dukungan dan ucapan selamat kepada Zigi. ***