PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melaksanakan vaksinasi vaksin Covid-19, pada pertengahan Januari 2021 mendatang. Vaksinasi tahap pertama ini ditargetkan kepada tenaga medis dan kepala daerah beserta sejumlah pejabat.

Namun demikian, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan bahwa dirinya tidak bisa mendapatkan vaksin tersebut. Hal ini dikarenakan usianya yang sudah melebihi batas ketentuan boleh divaksin.

"Kita akan selenggarakan vaksin sesuai instruksi pemerintah pusat, kemungkinan pertengahan Januari nanti. Tetapi saya tidak bisa ikut, karena vaksinasi itu untuk dibawah usia 60 tahun, sedangkan usia saya sudah lewat 60 tahun," ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Firdaus mengatakan, untuk jajaran kepala daerah dan pejabat pemerintaham yang menerima vaksin, nantinya akan diikuti seperti Wakil Walikota Ayat Cahyadi, Forkopimda Pekanbaru, dan tenaga medis hingga ke jajaran mahasiswa kedokteran yang sedang melaksanakan magang (Koas).

"Tentunya tenaga medis yang diutamakan lebih dulu, karena mereka garda terdepan. Nanti kita akan bentuk tim sekaligus menetukan jadwal pastinya," paparnya.

Berdasarkan informasi lainnya, data kesehatan yang terisi di Pekanbaru sebanyak 7.286. pada tahap satu, penerima vaksin sebanyak 2.700 tenaga kesehatan. Sedangkan tahap II, sebanyak 2.900. Artinya, ada kekurangan sebanyak 1.686.***