PEKANBARU, GORIAU.COM - Agar pelaksanaan Sensus Pertanian di Provinsi Riau berjalan lancar dan maksimal, Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Selasa (23/4/2013), menggelar Sosialisasi Sensus Pertanian yang diikuti 70 peserta dari Kepala BPS dan Dinas Pertanian, Perkebunan Kabupaten Kota se-Riau.

Kegiatan sosialisasi. dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit. Dalam sambutannya, Wagub mengatakan sebagai tahapan awal sebelum pendataan Sensus Pertanian di Provinsi Riau diselenggarakan dahulu sosialisasi yang tujuannya agar stake holders dan masyarakat luas dapat mengetahui latar belakang, maksud dan manfaat.

Sensus pertanian merupakan upaya mendapatkan data statistik pertanian yang akurat, rekevan dan update sebagai bahan perencanaan dan evaluasi hasil-hasil pembangunan di sektor pertanian.

Sensus ini lanjut, HR Mambang Mit diselenggarakan untuk tidak membebani petani karena tidak ada kaitannya dengan pajak, namun untuk memotret petani di Indonesia khususnya di Provinsi Riau agar pemerintah dapat merumuskan kebijakan di sektor Pertanian yang tepat sasaran sehingga dapat terwukud tema sensus pertanian 2013 yakni "Menyediakan Informasi untuk masa depan Petnai yang Lebih Baik".

Lebih jauh dikatakan Wagubri, untuk kesuksesan pelaksanaan Sensus Pertanian tahun 2013 di Provinsi Riau di perlukan komitmen bersama untuk mewujudkan masa depan petani yang lebih baik, tidak cukup hnaya angan-angan tanpa kemauan, tidak cukup hanya keamuan tanpa tindakan dan tidak cukup hanya program tanpa SDM.

Untuk itu tambah Wagubri dirinya meminta BPS Riau sebagai pelaksana agar merekrut dan melatih petugas-petugas pencacah  menjadi SDM yang handal dan benar-benar bekerja serius, tekunagar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

''Kepada kepala Dinas. Dan SKPD serta stakeholders pertanian untuk menyebarluaskan informasi tentang Sensus Pertanian agar terwujud kebenaran jawaban anda, membantu keberhasilan pembangunan pertanian di Indoensia khusunya di kabupaten kota di  Riau,'' kata Wgubri mengakhiri pengarahannya.

Menurut Kepala BPS Riau, Mawardi Arsad Sensus Pertanian akan dimulai pada 1 Sampai 31 Mei dengan petugas pencacah yang diterjunkan untuk melakukan pencacahan pertanian dari BPS riau sebanyak 6048 petugas yang di sebar di 12 daerah di Riau. (rls)