PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepala Syahbandar Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Riau, Nuryadi kaget akan tingginya jumlah penumpang akhir-akhir ini. Ia mengaku rata-rata tujuan para penumpang tersebut ke Selat Panjang.

Akibatnya, tiket pelayaran menuju Selatpanjang untuk empat hari kedepan habis. Tiket-tiket tersebut menurutnya sudah dibooking jauh-jauh hari oleh penumpang.

"Penumpang menuju Selatpanjang meningkat drastis," katanya kepada GoRiau.com, Selasa (1/10/2013). Peningkatan tersebut mencapai 30 persen hingga 40 persen setiap harinya.

Masih menurut Nuryadi, kebanyakan penumpang tersebut merupakan pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kepulauan Meranti. Walaupun agak terkejut dengan lonjakan penumpang tersebut, Nuryandi tetap mengaku siap untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Meskipun tingginya lonjakan penumpang, Nuryadi mengatakan belum meminta kepada pihak pelayaran untuk menambah armadanya. Pasalnya, ia menilai hal ini dadakan. "Jadi kami tidak meminta kepada pengusaha untuk menambah armadanya," jelasnya.

Ia menjamin, tidak akan ada armada yang over kapasitar dalam melakukan pelayaran. Sebab, menurutnya setiap armada yang akan berangkat akan diperiksa.

Pernyataan tersebut agak ganjil bila dibandingkan dengan kapasitas speed boat yang ada. Dari data yang didapatkan www.goriau.com, Meranti Ekspress hanya berkapasitar 70 penumpang. Namun dalam catatan keberangkatan terdapat 74 penumpang. Begitu juga dengan Naga Line jurusan Selatpanjang, kapasitasnya hanya 95 orang. Namun, dalam administrasinya ada 99 penumpang.

"Sisanya duduk di ruangan serap, bang," jawab seorang staf saat GoRiau.com menanyakan perkara tersebut.(san)