PEKANBARU - Suasana Pelabuhan Sungai Duku semakin sepi pengunjung sejak pandemi Covid-19 di Kota Pekanbaru. Jumlah penumpang menurun drastis hingga pengurangan jumlah keberangkatan dan kedatangan kapal.

Meskipun demikian, Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Etria menjelaskan penerapan protokol kesehatan dipastikan tetap diterapkan. Salah satunya, memastikan suhu tubuh penumpang dalam kondisi normal.

"Saat ada calon penumpang yang masuk ke pelabuhan, kita akan cek.  Kadang ada yang suhunya diatas suhu 37 derajat celsius, pengunjung ini akan kita istirahatkan sekitar 15 sampai 30 menit, karena mungkin efek panas matahari. Setelah itu kita cek lagi, jika sudah normal kita persilahkan masuk, jika belum kita anjurkan kembali atau bawa ke pihak medis," paparnya, Senin (23/11/2020).

Lebih lanjut, Etria mengatakan bahwa pelabuhan telah menyediakan peralatan cuci tangan di beberapa titik strategis Pelabuhan Sungai Duku. Setiap petugas juga diminta melakukan protokol kesehatan, serta memastikan pengunjung menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Satgas Covid-19.

"Kita juga terapkan protokol kesehatan di dalam kapal, sesuai standar yang telah ditetapkan. Misalnya pembatasan jumlah penumpang dan pemberian jarak di tempat duduk," terangnya.

Dengan memastikan penerapan protokol kesehatan ini, Etria mengungkapkan bahwa belum ada pengunjung ataupun warga Pelabuhan Sungai Duku yang terkonfirmasi positif Covid-19. Diharapkan, pengunjung tetap tertib protokol kesehatan hingga penularan Covid-19 dapat dihentikan.

"Alhamdulillah, sampai saat ini belum ada yang mengalami gejala Covid-19, seperti demam tinggi hingga pingsan. Kita juga harap, pandemi ini segera berakhir," pungkasnya.***