SELATPANJANG - Forum Pejuang Pemekaran Kabupaten Meranti (FP2KM) menerima kunjungan dari tim Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara untuk Bumi Pekal, pertemuan di pusatkan di Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Rabu (6/10/2021) sore.

Kehadiran rombongan dari Kabupaten Bengkulu disambut langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH, didampingi Asisten Bidang Pemerintahan, Drs H Irmansyah MSi, Ketua FP2KM, Sudarto, Ketua Dewan Pembina FP2KM, Ramlan Abdullah serta sejumlah tokoh pejuang lainnya.

"Forum Pejuang Pemekaran Kabupaten Meranti menerima kunjungan atau study banding tim Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara untuk Bumi Pekal ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Dimana kawan-kawan kami dari Bengkulu Utara sedang berjuang untuk membentuk daerah otonom baru," ujar Ketua Dewan Pembina FP2KM, Ramlan Abdullah usai pertemuan.

Menurut Ramlan pula, kedatangan tim Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara untuk Bumi Pekal memilih Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melakukan study banding dan mencari masukan-masukan bagaimana Kabupaten Kepulauan Meranti yang diperjuangkan sangat panjang sejak tahun 1957 dan diusia 50 tahun baru jadi kabupaten pada 19 Desember 2008 silam.

"Kunjungan ini adalah sebuah kehormatan bagi kami dimana ada saudara kami yang ingin mempelajari sejarah pemekaran Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Sementara itu, Sekjend Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara untuk Bumi Pekal, Ariyadi SPd mengucapkan terimakasih kepada Pemkab dan tokoh pejuang Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah menerima kunjungan dari pihaknya.

"Kami sebagai tamu ingin merujuk atau mencari referensi bagaimana proses terjadinya Kabupaten Kepulauan Meranti yang dulunya berinduk ke Kabupaten Bengkalis. Alhamdulillah melalui dialog, kemudian melalui pembicaraan yang intens antara kami telah mendapatkan informasi, data-data dan yang paling penting mendapatkan dorongan moril untuk tetap maju, kemudian mendapatkan inspirasi berikutnya referensilah paling tidak bagaimana perjuangan ini harus tetap kita jalankan," ungkapnya.

Untuk lebih jelas terkait penjelasan tentang kunjungan tim Presidium Pemekaran Kabupaten Bengkulu Utara untuk Bumi Pekal ke Kabupaten Kepulauan Meranti, silakan simak video diatas.***