BAGANSIAPIAPI - Upacara bendera peringatan HUT ke-17 Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau digelar di depan kantor Camat Jalan Bundaran, Senin (14/10/2019) dan diikuti seluruh penghulu, ASN, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar dan undangan lainya.

Bertindak menjadi pembina upacara Camat Kecamatan Pasir Limau Kapas Idris dan turut hadir Kapolsek Panipahan Iptu Zulmar SH bersama jajaran dan Upika. Dalam pidato sambutan peringatan HUT ke 17 Kecamatan Pasir Limau Kapas, Idris menuturkan kemajuan dan perkembangan daerah yang dipimpinnya.

''Tema tahun ini sempena peringatan hari jadi Kecamatan Pasir Limau Kapas adalah kita wujudkan Kecamatan Pasir Limau Kapas menjadi pusat perdagangan, perikanan dan destinasi wisata dalam upaya mencapai pembangunan di usia 17 tahun,'' ucap Idris di hadapan peserta upacara.

Sebagai daerah pesisir pantai dengan garis laut yang panjang di pesisir Pulau Sumatera dan jalur internasional Selat Malaka dengan mayoritas penduduknya nelayan, sektor perikanan tetap menjadi andalan kecamatan ini dan memiliki potensi meningkatkan PAD Rokan Hilir.

Sedangkan sektor pariwisata bahari potensinya cukup menjanjikan bila dikembangkan. ''Kita punya hamparan pantai yang panjang, indah sedangkan hasil laut yang melimbah potensi untuk wisata kuliner,'' sebut Indris seraya menghimbau seluruh elemen masyarakat mendukung program pemerintah kabupaten dan pemerintahan desa untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

Ketua Panitia HUT Kecamatan Palika H Abdurahman Yus Spdi menuturkan, untuk tahun ke 17, panitia membuat berbagai kegiatan baik olahraga, seni, budaya dan fetival sebagai hiburan untuk masyarakat. ''Harapan kita negeri semakin maju dan berkembang sejajar dengan kecamatan yang lebih dulu ada di Rohil,'' terang H Abdurahman Yus, Spdi.

Dalam catatan GoRiau, sebelum pemekaran di tahun 2002 lalu, Panipahan merupakan kepenghuluan dalam Kecamatan Kubu. Seluruh jalan di Kota Terapung ini terbuat dari kayu bertiangkan pohon nibung namun seiring waktu saat ini berubah jalan semeninasi. ***