SIAK SRI INDRAPURA - Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) di Kabupaten Siak, Riau, terus menunjukkan geliat perkembangannya. Bahkan, ketertarikan Malaysia, Jepang dan Arab Saudi terus menunjukan keinginannya melakukan investasi di KITB.

Sebagaimana dikatakan Utusan Khusus Presiden RI wilayah Timur Tengah, Alwi Shihab, bahwa saat ini nomor satu pengembangan dan perluasan pelabuhan. Hal itu merupakan potensi besar yang ingin ditanamkan oleh Uni Emirat Arab di Riau, khususnya KITB.

"Uni Emirat Arab sudah menunjukkan minat untuk Investasi di Indonesia khusuanya di Riau. Tentunya ini akan saya bawa ketika saya kembali ke Arab Saudi untuk membawa investor dari Timur Tengah ke Riau," Kata mantan Menko Kesra RI kepada GoRiau.com, Kamis (24/1/2019).

Menurutnya, industri kelapa sawit terkhusus refinery sangat menjanjikan di Riau. Apalagi saat ini sudah ada satu pabrik refinery kelapa sawit yang investasinya dari negara Yaman di Kota Dumai.

"Karena produk turunan kelapa sawit sangat banyak dan ini yang harus dikembangkan, tidak harus cpo terus yang diekspor ke luar negeri. Tapi bagaimana hasilnya yang diekapor sehingga bisa mendapatkan pendapatan asli daerah untuk kabupaten/kota dan Riau itu sendiri," ungkapnya.

Dirinya juga akan mengajak negara Yaman untuk membangun pabrik refinery di KITB. Karena selain lokasinya strategis infrastruktur jalannya pun sudah mendukung pengembangan kawasan industri tersebut.

"Kita akan ajak negara Timur Tengah lainnya untuk membangun pabrik refinery di KITB. Selama bahan bakunya bisa dijamin oleh pabrik kelapa sawit yang ada di Riau ini untuk menyuplainya," jelasnya.

Disela-sela kunjungannya ke Kabupaten Siak, Alwi Shihab juga menyempatkan diri mengunjungi Istana Siak didampingi Wakil Bupati Siak Alfedri. ***

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/1jpg-7816.jpgBupati Siak, Drs H Syamsuar bersama Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri menyambut kedatangan utusan Uni Emirat Arab Saudi di kediaman dinas Bupati.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/2jpg-7815.jpgPemkab Siak memberikan cenderamata.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/3jpg-7814.jpgWakil Bupati Siak, Drs H Alfedri bersama Utusan Uni Emirat Arab Saudi Alwi Shihab menaiki tangga di Istana Siak yang dalam hitungan berbeda antara naik dan turun.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/4jpg-7813.jpgDialog interaktif dengan sejumlah investor asing

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/5jpg-7812.jpgWakil Bupati Siak, Drs H Alfedri mengajak Alwi Shihab berkeliling Istana Siak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/6jpg-7811.jpgFoto bersama dengan tamu spesial yang sudah datang ke Siak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/8jpg-7810.jpgUtusan Uni Emirat Arab Saudi Takjub mendengar suara alunan musik komet di Istana Siak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/16022019/9jpg-7809.jpgWakil Bupati Siak, Drs H Alfedri bersama Utusan Uni Emirat Arab Saudi Alwi Shihab