SIAK SRI INDRAPURA - Kedatangan Alwi Shihab sebagai Utusan Khusus Presiden RI wilayah Timur Tengah, sesuai dengan mandat yang diberikan pada dirinya untuk mengusahakan investor dari Timur Tengah dan negara lainnya untuk masuk ke Indonesia, khusus Provinsi Riau.

Mantan Menko Kesra RI ini mengatakan kepada GoRiau.com, dirinya melihat ada potensi yang cukup besar di Bumi Lancang Kuning. Sehingga sudah menjadi tugas dan kewajiban dirinya membawa investor dari Timur Tengah dan negara lain.

"Apakah itu refinery (pengolahan minyak), pembangunan pelabuhan, peningkatan industri pariwisata. Itu semua punya potensi yang menjanjikan di Provinsi Riau," kata Alwi Shihab saat berkunjung ke Kota Siak, Kamis (24/1/2019).

Dirinya yang sudah lama ingin datang ke Riau, baru bisa saat ini berkunjung ke Riau terlebih khusus ke Kabupaten Siak. Dirinya juga melihat bagaimana potensi investasi yang ada di Kabupaten Siak untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Apalagi nantinya dibawah kepemimpinan Syamsuar yang akan dilantik sebagai Gubernur Riau 19 Februari 2019, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau. Yang juga sebagai tujuan pariwisata," ungkapnya.

Menurut Alwi Shihab, Riau berpotensi sebagai tujuan pariwisata dibandingkan Lombok dan Bali. Karena, jarak dari Timur Tengah ke Riau lebih dekat dibandingkan dua destinasi wisata tersebut.

"Saudi Arabia saat ini sedang mencari lokasi yang cocok untuk investasi pariwisata seperti yang sudah dilakukan di Maldives. Dipilihnya Riau yabg ada di Pulau Sumatera, karena mempertimbangkan jarak," ungkapnya.

Sekarang ini nanti tergantung Gubernur Riau Terpilih Syamsuar ada lahannya atau tidak untuk investasi industri pariwisata di Provinsi Riau, lanjut Alwi Shihab. Apalagi untuk masalah jarak sudah dekat hanya 8 jam dari Timur Tengah.

"Karena di Sumatera Barat tidak bisa dilanjutkan investasi pariwisata, karena terkendala tanah ulayat (tanah adat). Insyaallah di Riau untuk investasi pariwisata. Karena yang menarik dan cocok itu di Riau untuk pengembangan industri pariwisata," jelas Alwi Shihab.

Sementara itu, Syamsuar menyambut baik kedatangan Utusan Khusus Presiden RI wilayah Timur Tengah dalam pengembangan investasi industri dan pariwisata di Riau terkhusus di Kabuparen Siak.

"Nantinya, bukan hanya Kabupaten Siak yang akan dikembangkan untuk sektor industri dan pariwisata. Karena masih banyak lagi potensi yang bisa dikembangkan di Riau ini," ungkap Syamsuar kepada GoRiau.com. ***