PEKANBARU - Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, ternyata menarik perhatian turis (wisatawan mancanegara, red) dari Amerika, Australia, negara Eropa dan negara Asia Tenggara. Tak hanya turis yang datang melihat event tahunan ini, tapi wisatawan lokal pun berdatangan ke Kuansing.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal mengatakan kepada GoRiau.com, Festival Pacu Jalur ini menjadi magnet yang luar biasa bagi Provinsi Riau. Bahkan, masyarakat Kuansing yang tinggal di luar negeri pun pulang kampung hanya untuk melihat Festival Pacu Jalur ini.

"Dengan adanya event ini mampu meningkatkam perekonomian di Teluk Kuantan, Kuansing. Perputaran uang saat Festival Pacu Jalur ini bisa hingga ratusan juta per harinya. Karena ratusan ribuan orang tumpah ruah di Teluk Kuantan," kata Fahmizal, Selasa (20/8/2019).

Tahun lalu diungkap Fahmizal, sekitar 300.000 sampai 400.000 pergerakan wisatawan nusantara di Featival Pacu Jalur. Harapannya, dengan kedatangan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Festival Pacu Jalur ini, kedepannya secara komprehensif event budaya ini dapat berkembang dengan baik.

"Pemprov Riau juga berharap ivent Festival Pacu Jalur menjadi iconic event yang dapat mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak lagi ke Riau," ungkap Fahmizal. ***