PADANG - Jalur tol Padang - Pekanbaru akan dibangun hingga menembus ke jalan tol Pekanbaru - Dumai. Otomatis akses jalan tol sepanjang 244 kilometer ini akan menghubungkan antara Pelabuhan Teluk Bayur dan Pelabuhan Dumai.

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman pun menyambut baik program Presiden RI Joko Widodo tersebut. Pasalnya, dengan jalan tol ini nantinya pantai Barat Sumatera di Teluk Bayur dan Pantai Timur Sumatera di Dumai akan terhubung contohnya seperti mobilisasi logistik.

"Tentu kita berterima kasih kepada pak Jokowi yang telah membuka akses jalan tol Padang-Pekanbaru. Mimpi kita ini terwujud menjadi peristiwa yang luar biasa," kata Gubri kepada GoRiau.com di Padang, Jumat (9/2/2018).

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini pun menguraikan bahwa ruas Tol Padang - Sicincin yang telah dilakukan groundbreaking pada sore tadi merupakan Seksi l dari jalan tol Padang - Pekanbaru dengan total panjang 244 kilometer dan perkiraan biaya investasi Rp78,09 triliun.

Secara keseluruhan jalan tol Padang - Pekanbaru akan terdiri dari lima seksi, yakni seksi 1 meliputi Padang Sicincin sepanjang 28 kilometer dengan biaya Rp4,88 triliun, seksi 2 meliputi Sicincin Payakumbuh sepanjang 78 kilometer dengan biaya Rp32,93 triliun.

Kemudian, seksi tiga meliputi Payakumbuh -Pangkalan sepanjang 45 kilometer dengan biaya Rp15,47 triliun, seksi empat meliputi Pangkalan Bangkinang sepanjang 56 kilometer dengan biaya Rp18,86 triliun, dan seksi lima meliputi Bangkinang - Pekanbaru sepanjang 37 kilometer dengan biaya Rp5,95 triliun.

"Tol Padang - Pekanbaru ini akan tembus ke Tol Pekanbaru - Dumai. Akses semakin terbuka, Riau nantinya bisa menjadi pusat perekonomian di Sumatera Tengah karena akses perdagangan dan transportasi lebih mudah melalui pelabuhan teramai di Sumatera yakni Teluk Bayur dan Dumai," tandasnya. (ADV)