PEKANBARU - Titik panas (Hotspot) terus mengalami peningkatan di Provinsi Riau. Pantauan Senin (24/4/2017) pagi tadi, ada tujuh sebaran hotspot dengan level confidence (kepercayaan, red) 50 persen, di mana tiga titik diantaranya merupakan firespot (Titik api).

Padahal sore sebelumnya, titik panas cuma berjumlah empat spot saja. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merincikan, tujuh titik panas itu tersebar diantaranya Bengkalis, Inhil, Kuansing, Pelalawan dan Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Dari angka tersebut, ada tiga hotspot memiliki level confidence (Kepercayaan, red) di atas 70 persen (Merupakan titik api). Tiga firespot tersebut berada di daerah Bukitbatu Kabupaten Bengkalis dan dua lainnya di Kuansing.

Memang polanya, titik panas acap sekali meningkat terutama saat masa liburan atau akhir pekan. Bukan tidak mungkin, titik panas dan titik api ini hasil dari aktivitas pembakaran lahan untuk dijadikan area perkebunan.

Kepala Bidang Data dan Informasi dari BMKG, Slamet Riyadi mengungkapkan, untuk temperatur maksimal di Riau hari ini berkisar di angka 31,5 hingga 33,5 derajat Celcius, dengan kelembapan minimal 55 hingga 60 persen.

"Pada umumnya cuaca Riau cerah berawan. Potensi hujan intensitas ringan sampai sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Riau bagian selatan dan Barat, pada pagi serta sore hari, serta di Riau bagian tengah dan pesisir pada siang/sore serta malam hari," tutupnya. ***