Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Nasution melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) untuk melihat pembangunan jalan dan jembatan yang masuk dalam program kerjanya.

Kunjungan kerja wagubri ini sekaligus melakukan pengawasan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP).

GoRiau Wakil Gubernur Riau Edy Nasuti
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution saat melihat proses pemeliharaan jalan di ruas jalan provinsi di Kabupaten Rohul.
Setibanya di Rohul, Edy Nasution yang didampingi Kepala Dinas PUPRPKPP, Ir Taufiq Oesman Hamid dan Pjs Bupati Rohul, Masrul Kamsy melihat pemeliharaan jalan provinsi di daerah Tandun - Pasir Pangaraian, Rabu (14/10/2020) kemarin.

Edy Nasution mengatakan kepada GoRiau.com, dalam melakukan pegawasan dan pembangunan perlu adanya sinergitas kedepannya antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

"Kalau kita mau mengoptimalkan pembangunan di kabupaten/kota saat pandemi Covid-19 ini, ditengah anggaran yang terbatas. Perlu sinergitas program kerja pembangunan antara kabupaten/kota dengan provinsi. Sehingga program pembangunan yang pemerintah buat dirasakan masyarakat," kata Edy Nasution.

GoRiau Wakil Gubernur Riau Edy Nasuti
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution melihat lokasi pembangunan jembatan yang mangkrak di Rohul didampingi Pjs Bupati Rohul Masrul Kamsy, DPRD Rohul Nono dan Kadis PUPRPKPP Taufiq OH.
Dikatakan Edy Nasution, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota punya program kerjanya masing-masing. Untuk itu perlu mengoptimalkan program kerja agar tidak terjadi tumpang tindih program kerja pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota di Riau.

"Itulah sebabnya saya melakukan pengecekan pembangunan yang ada di Kabupaten Rohul ini. Nantinya bukan hanya di sini saja, saya akan keliling kabupaten/kota mengecek pembangunan yang masuk program Pemerintah Provinsi Riau," ujar Edy Nasution.

GoRiau Wakil Gubernur Riau Edy Nasuti
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution melihat progres pembangunan Jembatan Sei Siasam di Rohul.
Edy Nasution menjelaskan, perlu membangun komunikasi yang baik antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan legislatif. Sehingga, pembangunan ditengah anggaran yang terbatas dapat dinikmati oleh masyarakat manfaatnya.

"Contohnya dalam kunjungan kerja saya, ada Pjs Bupati Rohul dan Anggota DPRD Rohul (Nono), serta Kepala Dinas PUPRPKPP yang ikut menyaksikan langsung bagaimana proses pembangunan jalan dan jembatan sedang dikerjakan," ungkap Edy Nasution.

Ketika Covid-19 dinyatakan pemerintah pusat sebagai bencana nasional, dikatakan Edy Nasution. Hampir semua daerah di Indonesia mengalami dampaknya. Beberapa pos anggaran dilakukan realokasi sesuai petunjuk pemerintah pusat.

"Contohnya di Rohul ini saja, perbaikan jalan di Sontang itu ada anggarannya tahun ini. Karena ada mata anggaran yang harus direalokasikan untuk Covid-19 sesuai arahan pemerintah pusat, maka pembangunannya belum terlaksana. Begitu juga di kabupaten/kota lainnya," jelas Edy Nasution.

GoRiau Wakil Gubernur Riau Edy Nasuti
Wakil Gubernur Riau Edy Nasution dan Pjs Bupati Rohul melihat badan jalan provinsi di Jalan Ujung Batu - Rokan batas Sumatera Barat yang mengalami abrasi tergerus air.
Edy Nasution mengatakan masyarakat perlu memahami, bahwa dalam pembangunan ada yang menjadi kewajiban pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang baik antara pemerintah dengan masyarakat.

"Informasi kepada masyarakat harus terbuka, sebab ada yang menjadi tanggungjawab provinsi dan kabupaten/kota dalam melaksanakan pembangunan. Sehingga kesulitan pemerintah saat ini dapat dipahami oleh masyarakat," kata Edy Nasution.

Edy Nasution melakukan mengecek pembangunan jembatan Sei Siasam pada ruas Jalan Ujung Batu - Rokan - batas Sumatera Barat. Setelah itu dirinya juga melihat kondisi Jalan Ujung Batu - Rokan yang berbatasan dengan Sumatera Barat yang kondisinya memprihatinkan. ***