PANGKALANKERINCI - Pemerintah Daerah (Pemda) perlu memahami apa saja jenis flora fauna serta habitat yang dilindungi. Sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan strategisnya.

"Pemda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis hewan yang dilindungi di daerahnya," kata pemateri dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Muslino.

Menurutnya, dengan diketahuinya jenis flora fauna dan habitat dilindungi di daerahnya, maka dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.

"Ini penting untuk diketahui oleh Pemda," jelas Muslino, pada acara bertajuk sosialisasi kepada masyarakat penyadar tahuan tentang flora fauna serta habitat dilindungi dan bahaya kebakaran lahan hutan di aula Kantor Camat Pangkalan Kuras, Kamis (16/3/2017).

Dikatakannya, sangat tinggi terjadinya konflik antara manusia dengan satwa yang dilindungi.

"Hampir setiap hari laporan masuk, maka perlunya kegiatan preventif. Seperti apa konflik dan bagaimana cara menangani," pungkas Muslino.

Management PT Musim Mas, Iskandar, menjelaskan soal upaya perlindungan flora dan fauna oleh perusahaan.

Baca Juga: PT SLS, Satu dari Sepuluh Perusahaan Pelaksana CSR Terbaik di Pelalawan

"Dalam opersionalnya perusahaan sangat memperhatikan lingkungannya, terutama untuk melindungi flora dan fauna," tandasnya.

Acara bertujuan menyadarkan tentang pentingnya hutan dan isinya bagi kehidupan ditaja oleh PT Musim Mas bekerjasama dengan BKSDA Riau, WWF Riau, Yayasan TNTN, WWF, DLH Pelalawan dan Kecamatan PKL Kuras.*** #PELALAWAN