CHONBURI- Tim nasional Indonesia U-15 terus mematangkan persiapan jelang laga perdana Piala AFF U-15 2019 melawan Vietnam besok. Tim berjuluk Garuda Asia ini menjalani latihan intensif di PTT Training Field Chonburi, Thailand, Jumat (26/7/2019).

Pelatih Timnas U-15, Bima Sakti, mengatakan, timnya telah menganalisis gaya bermain Vietnam dan memberikan pengetahuan kepada anak asuhnya bagaimana menghadapi calon lawannya pada sesi latihan tersebut.

"Tadi kita fokus latihan untuk besok, dan di sesi terakhir kita berikan pemahaman kepada para pemain tentang bagaimana cara bermain Vietnam, sehingga mereka tahu gambaran menghadapi pertandingan besok," kata Bima Sakti.

Semangat Berproses

Bima mengungkapkan, ia dan tim pelatih lainnya menyuntikan motivasi kepada para pemain. "Kami sampaikan untuk lawan diri sendiri (ego). Bisa melawan grogi, karena sebagian dari mereka ada yang pertama main turnamen internasional, dan beberapa juga ada yang pertama bermain di luar Indonesia," kata Bima.

"Tapi inilah pengalaman berharga bagi mereka. Awal dari karir mereka ada di sini. Kami senantiasa mendorong anak-anak untuk bisa mengalahkan diri sendiri, mengontrol emosi, dengan begitu Insha Allah bisa mendapatkan hasil positif," tambah Bima.

Mantan kapten Timnas Indonesia itu juga meminta dukungan penuh yang ditujukan kepada anak asuhnya. Timnas U-15, kata Bima, membutuhkan dukungan moral dan doa demi menjaganya semangat mereka dalam berproses, dan turnamen ini bagian dari proses.

"Adik-adik ini kini berada pada kelompok usia paling muda di Timnas. Untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik, saya kira semua pasti butuh proses," ucap pelatih kelahiran Balikpapan tersebut.

"Saat ini kita terus menuju ke arah positif lewat adanya kompetisi Elite Pro Academy. Timnas U-15 kami dapatkan dari kompetisi tersebut, dan ini investasi yang bagus untuk sepak bola Indonesia, harus terus berjalan dan harus kita jaga bersama semangatnya," tutup Bima. ***