PEKANBARU, GORIAU.COM - Tim sepakbola Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Riau mulai melakukan seleksi pemain untuk merebutkan tiket wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) di Popnas XII 2013 di Jakarta. Seleksi pemain ini akan diikuti 36 pemain yang dijaring saat Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) XI lalu yang berasal dari Pekanbaru, Siak, Meranti, Dumai, Inhu, Kampar dan Kuansing.

Hal tersebut disampaikan pelatih sepakbola Popwil Riau, Indra Jaya, Minggu (14/10/2012). Ia menjelaskan, ke-36 pemain tersebut merupakan yang terbaik berdasarkan pantauan jajaran pelatih lainnya untuk diikutkan pada seleksi kali ini.

Seleksi sendiri akan dilangsungkan selama tiga hari, 15-17 Oktober 2012 mendatang di lapangan Pancasila, Pekanbaru. Tiga orang pelatih telah dipercaya untuk melakukan seleksi tersebut.Mereka diantaranya Sipendri, Abrar dan Indra Jaya sendiri. Seleksi sendiri lebih difokuskan kepada penilaian dasar pemain. Seperti teknik, skill hingga stamina atau ketahanan fisik.

''Dari 36 pemain ini nantinya akan diciutkan menjadi 18 pemain sesuai dengan kuota standar yang disediakan,'' terang Indra.

Mantan pelatih kiper PSPS Pekanbaru ini menyebutkan, usai melalui beberapa penilaian tersebut, baru pada 17 Oktober 2012 akan diumumkan 18 pemain yang lolos dan menjadi squad inti.

Riau memang harus berjuang keras pada seleksi tim Sumbagut di Popnas XII mendatang, karena sebelumnya Riau tidak berpartisipasi pada penyisihan, karena Popnas XI 2010 lalu, Riau menjadi tuan rumah dan sudah dipastikan lolos.

Event yang akan dihelat di Medan ini Riau akan bersaing dengan Nangroe Aceh Darussalam, Sumbar, Jambi, Kepri, Babel dan tuan rumah Sumatera Utara. Dari 7 provinsi yang berlaga ini nantinya hanya Juara dan Runner Up yang berhak lolos ke fase berikutnya sekaligus berhak menjadi peserta Popnas 2013 di Jakarta mendatang. (nti/rsc)