PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang tengah melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (kukerta) di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, melakukan pembagian masker gratis untuk masyarakat setempat.

Ketua Tim Kukerta Unri Gempita (Gerakan Masyarakat Pintar Tangkal) Covid-19, Mhd Choidir mengatakan, bahwa di masa Pandemi seperti saat ini, salah satu cara untuk mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah dengan menggunakan masker. Makanya tim kukerta ini termotivasi untuk membagikan masker gratis.

Pembagian masker ini sendiri dilakukan sejak tanggal 20 Mei 2020 di Puskesmas Balai Makam dan Puskesmas Sebangar. Lalu, pada tanggal 3 Juni 2020 di Desa Balai Makam, Pematang Obo, Simpang Padang dan Tambusai Batang Dui.

Selanjutnya, tanggal 11 Juni 202,0, tim kukerta menuju kr Desa Bathin Sebangar dan Pamasi. Sedangkan, hari terakhir pembagian masker dilakukan pada tanggal 16 Juni 2020. Yaitu di Desa Bulu Manis, Petani, Air Kulim, Sebangar, dan Boncah Mahang.

"Yang mana setiap desa mendapatkan 50 buah masker, sedangkan Puskesmas mendapatkan 200 buah masker. Tim Kukerta juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat secara langsung dan berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan di Kecamatan Bathin Solapan," kata Choidir.

Ia pun berharap hal ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker sebagai perlindungan diri dan mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Jika kesadaran masyarakat untuk memakai masker sudah terbentuk, penularan dan penyebaran Covid-19 pun dah dicegah," ujarnya.

Untuk diketahui, tim kukerta Unri di Kecamatan Bathin Solapan ini terdiri dari Choidir sebagai ketua, serta beberapa anggota, yakni Anita Pratiwi, Diah Fitriani, Dicky Kurnia, Linda, Lisa Indah Ramadayanti, Tabah Anugrah Rahayu, Thasya Nurfadillah Siregar, Wiranda Putra Mar'an. (rls)