JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), GM Utut Adianto mematok target Tim Catur Indonesia menembus Divisi Utama Olimpiade Catur Daring "Fide Online Olympiad 2020" yang akan digelar 25 Juli hingga 0 Agutus mendatang.

“Kalau melihat komposisi lawan-lawan tim Indonesia di pool A, maka kalau kita mampu masuk tiga besar dan lolos ke divisi utama, itu sudah bagus dan membanggakan,” kata Utut Adianto saat memberi pengarahan sambil makan siang di restoran Pulau Dua Senayan, Rabu (12/8/2020).

Olimpiade Catur dilaksanakan secara daring oleh Federasi Catur Internasional (Fide) berkaitan dengan masa pandemi Covid 19 yang beum jelas kapan berakhirnya. Tercatat 163 tim dari 162 negara berpartisipasi yang dibagi ke dalam lima divisi.

Tim Indonesia mendapat tempat terhormat di Divisi 2 sehingga baru bertanding pada 14-16 Agustus 2020. Dalam Divisi 2 ini terdapat 50 negara yang dibagi lagi menjadi 5 pool dengan setiap poolnya terdiri dari 10 negara.

Tim Indonesia masuk Pool A Bersama dengan negara Jerman, Bulgaria, Belarus, Australia, Belgia, Filipina, Bangladesh, Turkmenistan, dan Kyrgystan. Sepuluh negara ini bertanding setengah kompetisi atau sembilan babak saling ketemu semua. Tiga ranking teratas akan promosi ke Divisi Utama dan akan bertanding setengah kompetisi lagi untuk menuju babak final.

Hari pertama GM Susanto Megaranto dan kawan-kawan akan berjumpa tim Turkmenistan pada 14 Agustus 2020 mulai pukul 15 WIB; kemudian dilanjutkan bertemu tim Filipina pada babak kedua pukul 16 WIB; dan dilanjutkan bertemu tim Kyrgystan pada pukul 17 WIB. Pertandingan dilaksanakan di platform chess.com.

Hari kedua tim Indonesia akan berjumpa tim Jerman pada 15 Agustus 2020 mulai pukul 15 WIB; kemudian dilanjutkan bertemu tim Belarus pada babak kelima pukul 16 WIB; dan dilanjutkan babak keenam bertemu tim Belgia pada pukul 17 WIB.

Hari ketiga 16 Agustus 2020 tim Indonesia akan berjumpa tim Australia pada babak ketujuh mulai pukul 15 WIB; kemudian dilanjutkan bertemu tim Bulgaria pada babak kedelapan mulai pukul 16 WIB; dan dilanjutkan babak terakhir bertemu tim Bangladesh pada pukul 17 WIB.

Susunan Tim Catur Indonesia :

Ketua Pengarah : GM Utut Adianto

Manajer : Ichsan Soelistio

Kapten : Kristianus Liem

Wakil Kapten : Yoseph Majella

Pemain - GM Susanto Megaranto- IM Yoseph Theolifus Taher- IM Irene Kharisma Sukandar- IM Medina Warda Aulia- IM Gilbert Elroy Tarigan- WIM Ummi Fisabilillah- IM Novendra Priasmoro- WIM Chelsie Monica Sihite- WFM Diajeng Theresa Singgih- CM Aditya Bagus Arfan- Laysa Latifah. ***