PEKANBARU - Makarti Muda Club yang merupakan tim bola voli memulai pergerakan dengan melakukan seleksi pemain untuk pembentukan tim, ratusan peserta diprediksi akan mengikuti seleksi terbuka ini.

Hal tersebut disampaikan Presiden Makarti Muda Club, Sofyan. Dikatakannya seleksi tahap pertama ini akan difokuskan untuk calon anggota kategori putra. Setelah kategori putra cukup, kemudian akan dilanjutkan dengan kategori putri.

Adapun jadwal pendaftaran peserta dibuka pada tanggal 1 - 30 September, jika antusias calon peserta masih tinggi, panitia kemungkinan akan memperpanjang waktu pendaftaran supaya proses seleksi betul-betul bisa membentuk tim yang berkualitas.

"Untuk persyaratan usia 13 sampai 16 tahun, dan memiliki postur tubuh proposional atau memiliki tinggi minimal 165cm," katanya.

Untuk pendaftaran sendiri, calon peserta bisa langsung mendatangi kantor Makarti Muda Klub yang berada di Jalan Merpati nomor 16b Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru.

Sofyan menerangkan, nantinya Makarti Muda Club akan dilatih oleh mantan pemain voli profesional dari Riau Yeyen dan Habiburahman, selain itu mantan pemain Elektrik PLN yang juga saat ini melatih tim PON DKI Jakarta, Victor akan ikut membimbing Makarti Muda.

"Para anak didik nantinya juga tidak akan mengeluarkan biaya sepersenpun, ketika nanti sudah masuk kedalam tim nantinya juga akan diberikan satu set perlengkapan seperti sepatu, jersey dan lainnya," tutupnya.

Makarti Muda ini merupakan transformasi dari Makarati Tama, salah satu klub voli di Riau yang berdiri pada tahun 1988 lalu. Makarti adalah sebuah pelajaran metafisika Jawa, arti dalam bahasa Indonesia adalah Hidup itu harus mengadakan atau mewujudkan untuk hidup.

Makarti sendiri memiliki arti yang sangat besar bagi kehidupan, salah satu fungsinya adalah untuk membangkitkan semangat manusia. Tak lain dan tidak bukan agar Riau tidak hanya menjadi penonton, Makarti Muda Club memiliki tekad yang kuat untuk menciptakan bibit-bibit muda pemain voli profesional asli anak jatu Riau.

Saat ini sendiri Makarti Muda Club sudah terdaftar di Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Pekanbaru. ***