PEKANBARU – Tim Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Universitas Riau (Unri) melakukan sosialisasi pemasaran digital kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di RW 06, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan yang mengusung tema ''Peningkatan Manajemen Pemasaran Digital dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Air Dingin, Kota Pekanbaru'' ini digelar pada Senin (8/8/2022).

Dosen pembimbing lapangan (DPL) Kukerta Unri, Dr. Neni Hermita, S.Pd, M.Pd, mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan memberikan pengetahuan kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Air Dingin, khususnya di RW 06 tentang pemasaran secara digital, sehingga mereka bisa mengakses pasar dengan jangkauan yang lebih luas.

''Zaman telah berubah dan persaingan menjadi semakin ketat. Segala sesuatu sudah serba digital, oleh sebab itu perlu adanya pemanfaatan teknologi untuk menjangkau masyarakat luas dalam meningkatkan bisnis UMKM,'' kata Rian Dani Tumanggor, selaku ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Para pelaku UMKM tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Setelah melakukan kunjungan ke beberapa lokasi UMKM di Kelurahan Air Dingin, kelompok Kukerta Integrasi Kelurahan Air Dingin RW 06 menemukan UMKM yang tidak memiliki nama toko dan media pemasaran digital.

Marizal selaku pemilik usaha keranjang rotan mengakui usahanya belum memiliki nama sebagai menjadi penanda toko.

Kelompok mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) Unri di Kelurahan Air Dingin RW 06 yang mengikuti pengabdian masyarakat membantu pembuatan logo dan gambar produk untuk dipasarkan melalui platform digital Instagram.

Selain itu pembuatan akun toko shopee juga dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kuantitas penjualan dan efektivitas pembelian yang memudahkan konsumen dalam memesan produk.

Marizal mengaku sangat terbantu atas kehadiran mahasiswa melakukan kegiatan pengembangan usaha di daerahnya.

''Saya sangat berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan adik-adik semua. Semoga dengan bantuan ini usaha saya semakin laris,'' harapnya.rls