SIAK - Jumlah pasien positif Covid-19 di Riau melonjak cukup tinggi sejak beberapa pekan terakhir. Pemkab Siak bersyukur tidak ada klaster baru di Kabupaten Siak, tidak ada juga penambahan kasus Covid-19 dan bahkan angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus menurun.

"Kita bersyukur saat ini angka kasus Covid-19 di Siak terus menurun, jumlah ODP juga semakin sedikit," kata Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono saat dikonfirmasi GoRiau.com, Kamis (25/6/2020).

Namun demikian, kata Budhi, seluruh tim gugus tugas di setiap Kecamatan, Kampung, Posko Pemantauan cek Point tetap melakukan pengecekan ketat kepada orang masuk dan keluar kabupaten Siak.

"Wajib cek suhu tubuh, mengisi data untuk yang datang dari daerah luar Siak. Jangan sampai Kabupaten Siak menyumbangkan kasus positif baru untuk Riau," kata Budhi.

Selanjutnya, kata Budhi, tim gugus tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak terus aktif mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan, menjaga jarak, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan.

"Saat ini memang belum ada sanksi terhadap warga yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat berada di tempat umum dan keramaian, tapi kita sedang siapkan Perda terkait itu," kata Budhi.

Soal wacana Pemkab Siak akan melakukan rapid tes masal kedua, Budhi menjawab, waktunya belum dapat dipastikan. Pemkab Siak masih melihat kondisi kebutuhan. Sementara kasus ODP di Siak terus saja menurun.

"Kapan dan dimananya belum dapat kita pastikan saat ini, melihat kondisi kedepannya nanti seperti apa. Rencananya akan merapid tes anak-anak pondok yang mau masuk, tapi sampai sekarang belum tahu kapan anak-anak mulai aktif sekolah," kata Budhi.***