BAGANSIAPIAPI - Tiang beton penyangga bodi jaan Bandar Baru Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau, roboh sejak Selasa (17/11/2020) lalu. Akibatnya, akses jalan terputus dan tak dapat dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua.

Ambruknya tiang beton membuat bodi dan semenisasi (beton) jalan jatuh ke pantai. Penyebabnya diduga karena tidak kuat menahan hempasan gelombang laut dan tingginya curah hujan sejak awal Novemver 2020 ini.

Akibatnya warga RT 01 RW 14 Dusun 7 Kepenghuluan Teluk Pulai terisolasi dan memutar arah ke Jalan Bintang Baru agar dapat bepergian dari dan ke Desa Teluk Pulai dan ke pusat pemerintahan di Panipahan.

Mustafa Husin, Penghulu Teluk Pulai, Kamis (19/11/2020) menyebutkan ambruk atau roboh karena tak kuat menahan hempasan ombak dan gelombang air laut dan ditambah tingginya curah hujan.

''Seratus meter ambruknya, akses jalan Bandar Baru terputus, kami akan membuat jalan darurat,'' ujar Mustafa Husin yang kerab disapa Penghulu Muda ini.

Menurut Mustafa Husin, warga dari dan ke Teluk Pulai ke Panipahan terpaksa memutar arah lewat Jalan Bintang Baru yang baru di bangun tahun lalu.

''Agar dapat berpergian maka berputar arah ke Jalan Bintang Baru. Jalan itu dibangun tahun 2019 lalu dengan dana desa,'' jelas Mustafa Husin .

''Insya Allah secepatnya kami buat jalan darurat bersama masyarakat bergotong-royong,'' sebutnya.

Dia menyebutkan, secara umum jalan-jalan di Kepenghuluan Teluk Pulai permanen semenisasi dan bertiang tinggi karena berada di atas permukaan pantai. ***