JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menilai cabang olahraga (cabor) angkat besi yang menjadi salah satu cabor prioritas dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) memiliki target jelas. Usai SEA Games 2021 Vietnam, angkat besi mengejar target ke Olimpiade Paris 2024.

"Tolong ini Paris (olimpiade) ada di depan, perbaiki posisi, para pelatih perbaiki posisi karena itu target kita dan kita akan ada di Paris," kata Menpora Amali saat meninjau Pelatnas PB PABSI di Komplek Marinir, Kwini, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022).

Meski olimpiade menjadi target, Menpora Amali berharap multievent SEA Games Vietnam yang menjadi sasaran antara juga diikuti dengan maksimal. "Kita tahu angkat besi ini targetnya adalah olimpiade. SEA Games dan Asian Games adalah sasaran antara saja untuk mereka," tambah Menpora Amali didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

"Pikiran anda adalah Olimpiade Paris 2024, tetapi coba di SEA Games Vietnam, Eko Yuli sudah janji, jika masih dipercaya masih mau tampil di Paris 2024. Windy Chantika juga janji pokoknya masih sampai Paris dan Los Angeles 2028," tutur Menpora Amali disambut tawa para atlet dan pengurus PB PABSI.

Menpora Amali berharap dengan latihan serius dan pembinaan dari pengurus cabor akan ada hasil yang membanggakan yang diperoleh nantinya."Kita harapkan di olimpiade nanti mereka akan bisa lebih baik perolehannya daripada Tokyo," pungkas Menpora Amali. (ben)

Berikut Nama-Nama Atlet Angkat Besi SEA Games Vietnam 2021:

1. Satrio Adi Nugroho

2. Mohammad Yasin

3. Rahmat Erwin Abdullah

4. Rizki Juniansyah

5. Muhammad Zul Ilmi

6. Najla Khoirunnisa

7. Siti Nafisatul Hariroh

8. Windy Cantika Aisah

9. Natasya Beteyob

10. Sarah

11. Tsabitha Alfiah Ramadani

12. Nurul Akmal

13. Eko Yuli Irawan. ***