PADANGSIDIMPUAN – Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) menetapkan dua siswa SMK sebagai tersangka kasus penganiayaan terhadap seorang nenek (wanita tua). Kedua tersangka berinisial IH dan VH.

Video penganiayaan nenek oleh sejumlah siswa di pinggir jalan tersebut beredar luas di pinggir jalan. Dalam video yang beredar terlihat sang nenek tersungkur karena ditendang siswa nakal tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni mengatakan, keduanya ditetapkan sebdgai tersangka setelah polisi melakukan pemeriksaan didampingi Bapas (Balai Pemasyarakatan).

"Pada hari Selasa kemarin kami sudah melakukan pemeriksaan terhadap terlapor, khususnya dua pelajar yang ada dalam video yang melakukan penganiayaan dengan didampingi oleh Bapas (Balai Pemasyarakatan), sehingga kami menaikkan status terlapor jadi tersangka," ujar AKBP Imam Zamroni lewat video yang diunggah di akun resmi Polres Tapsel, @official.polrestapsel, Rabu (23/11/2022).

Dituturkan Imam, pada Kamis (24/11/2022), pihak kepolisian akan melimpahkan berkas perkara ke Kejaksaan Negeri Padang Sidempuan. 

Tak Ada Kesepakatan

Imam mengatakan, pihaknya telah mencoba mempertemukan antara orangtua para pelaku dengan keluarga korban. Namun, dua hari melakukan pertemuan, belum ada kesepakatan antara kedua pihak.

"Selama proses pelengkapan berkas perkara, kami melaksanakan proses diversi, mempertemukan, musyarawah dari pihak keluarga terlapor dan korban yang kami lakukan selama dua hari, dari Selasa dan hari ini. Hasilnya belum ada titik kesepakatan di antara kedua belah pihak," ucap Imam.

Sebelumnya, video berdurasi 13 detik yang menampilkan pelajar menendang seorang nenek hingga jatuh tersungkur viral di media sosial, Twitter. Kekerasan pelajar itu diketahui terjadi di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara.

Dalam video viral yang dibagikan pada Sabtu (19/11/2022) itu, segerombol pelajar bersepeda motor tampak melewati seorang wanita tua.

Dua orang di antara pelajar itu menghentikan motornya dan berbincang dengan nenek tersebut. Tiba-tiba, salah satu pelajar dari rombongan itu menghentikan motornya dan menendang sang nenek hingga tersungkur.

Sang nenek tampak kaget dan terdengar berteriak. Ia langsung berdiri dan berjalan cepat menghindari gerombolan remaja bermotor itu.

Video tersebut mengundang reaksi para warganet. Banyak dari mereka merasa iba dengan sang nenek dan tidak membenarkan perilaku remaja tersebut.

Dari keterangan kepolisian, para pelaku merupakan pelajar salah satu SMK di Tapanuli Selatan.

Para pelaku mengaku menganiaya nenek tersebut karena iseng.***