PEKANBARU – Warga Pekanbaru, Riau dihebohkan dengan video hasil rekaman amatir seorang pengemudi mobil dan disebarkan lewat media sosial whatsapp pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Pada video amatir yang tersebar luas di dunia maya tersebut, terlihat seorang pengendara sepeda motor melintas di jalan Tol Pekanbaru Dumai (Permai)

Video pemotor masuk Tol Permai yang berdurasi 16 detik ini viral di media sosial.

Hal ini tentu mengundang tanya warga dan setiap orang yang telah menonton video yang tersebar di media sosial tersebut.

Pada video yang direkam pengemudi mobil yang berjalan di belakang pengendara sepeda motor tersebut terpantau pengendara motor tidak mengenakan perlengkapan keselamatan lalu lintas seperti helm.

"Apa ni, motor bro di Tol Pekanbaru - Minas," kata pria yang merekam video kejadian tersebut.

Saat dikonfirmasi kepada Ditlantas Polda Riau, Kabag Ops, Kompol Ruri mengaku belum mengetahui kabar tersebut.

"Kapan ini? Nanti kita cek dulu ke Kasat PJR," jawabnya.

Tetapi akhirnya didapatkan penjelasan dari Kasat PJR Ditlantas Polda Riau, AKBP Irmadison saat diminta keterangan mengenai video yang beredar di grup whatsapp dan media sosial lainnya tersebut.

Irmadison menjelaskan bahwa berdasarkan informasi yang didapat oleh pihaknya, pengendara motor jenis Honda Beat kombinasi hijau dan putih itu diketahui masuk dari gerbang tol Muara Fajar dan terus mengarah ke Kandis Selatan.

Pengendara motor itu akhirnya kedapatan oleh petugas keamanan di exit tol Kandis Selatan, sekitar pukul 06.45 WIB jalur non saldo.

"Kemudian tindakan yang diambil oleh security adalah melakukan peneguran dan mempersilahkan pengendara roda dua tersebut untuk keluar tol Kandis Selatan tanpa memberitahu pihak BKO tol atau pihak PJR ataupun Senkom," kata Irmadison.

"Sekuriti tol hanya memberikan teguran dan mempersilahkan pengendara sepeda motor itu keluar tol. Petugas sekuriti tidak memberitahu kami (kepolisian)," sebut Irmadison.

Saat berhasil dihentikan, pengendara motor itu meminta maaf dan mengaku tak tahu jika motor tidak boleh melintas.

Dirinya mengira jalan tol seperti jalan biasa dan bisa dilewati sepeda motor.

Pengendara motor tersebut menjelaskan bahwa dirinya bisa masuk tol karena mengikuti mobil yang masuk ke pintu tol Permai. ***