SIAK - Petugas posko cek poin di Kampung Seminai, Kecamatan Kerinci Kanan tak segan meminta Bupati Siak Alfedri untuk berdiri dan langsung menodongkan thermometer gun ke keningnya, untuk dicek suhu tubuhnya, Selasa (26/5/2020). Suhu tubuh Alfedri diketahui 36,5 derajat celcius.

Kedatangan Bupati Siak ke posko cek poin itu pada hari pertama kerja usai libur lebaran Idul Fitri 1441 H, guna untuk melihat langsung aktivitas petugas dan fasilitas yang dibutuhkan petugas di posko.

"Meskipun kita yang meninjau pos cek poin ini tetap harus diperiksa suhu tubuh. Ini berlaku untuk semua, bukan tebang pilih kalau lewat ke pos ini," kata Alfedri.

Ia ingin memastikan penyekatan arus keluar masuk kendaraan selama PSBB benar-benar dilakukan secara aktif.

"Kami meninjau pos penyekatan PSBB di Kerinci Kanan ini untuk memastikan keamanan pengguna kendaraan yang masuk ataupun keluar dari kabupaten Siak. Selain itu mengecek seluruh persiapan, SOP yang ada, seperti sarana dan prasarana, serta personel di pos ini,"kata Alfedri.

Ia menjelaskan, pengendara yang masuk ke wilayah kabupaten Siak untuk saat ini diperketat.

Kecuali angkutan Sembako keperluan Covid-19, ambulans, dari Kepolisian maupun TNI, namun tetap dilakukan pemeriksaan.

"Setiap pengendara yang masuk akan diperiksa dan ditanya kemana tujuannya, mereka diarahkan ke pos dulu untuk dicek suhu badan. Jika suhu badan di atas 38 derajat celcius, orang itu dilakukan rapid tes, kalau hasilnya reaktif harus dibawa ke RSUD Tengku Rafian Siak," kata dia.

Alfedri menegaskan, bagi pengguna kendaraan harus memakai masker dan menjaga jarak atau physical distancing.

Jika ada yang melanggar ketentuan ini maka disuruh balik lagi atau tidak boleh masuk ke wilayah Kabupaten Siak. adv