PEKANBARU - Tidak hanya kubah Masjid Al-Jami'ah UIN Suska Riau saja yang rusak akibat hujan deras dan angin kencang yang melanda Kota Pekanbaru, Senin (6/11/2017) sore, melainkan juga sejumlah fasilitas umum dan kendaraan roda dua di kampus tersebut.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com, fasilitas lainnya yang rusak diantaranya papan reklame yang berada di depan gerbang utama kampus, juga tumbang diterjang angin. Bahkan beberapa kendaraan roda dua yang terparkir di kampus ikut tumbang, termasuk pohon.

Selain itu, ruas jalan utama Kampus Madani tersebut juga sempat digenangi air, membuat akses masuk terkendala, karena luberan air membanjiri hampir seluruh badan jalan. Memang durasi hujan cukup lama dengan intensitas deras, ditambah tiupan angin kencang.

Sementara itu, pasca rusaknya kubah masjid, beberapa staf rektorat langsung turun ke lokasi kejadian guna mengecek kondisi terkini dari bangunan yang berdiri sejak tahun 2012 tersebut.

"Besok kita langsung adakan rapat dengan seluruh jajaran Rektorat UIN Suska, termasuk seluruh biro nya," tutur salah seorang staff rektorat saat berbincang dengan Goriau.com dilokasi kejadian, Senin malam.

Rencananya besok, selasa (7/11/2017), pihak rektorat akan segera memperbaiki sebagian kubah masjid yang rusak, agar bisa secepatnya difungsikan kembali.

Peristiwa rusaknya sebagian kubah Masjid Al-Jami'ah UIN Suska ini membuat sejumlah mahasiswa prihatin. Pasalnya selain sebagai tempat ibadah, masjid ini kerap digunakan untuk syiar dakwah dan kajian-kajian islami lainnya.

Pantauan Goriau.com, kondisi masjid dengan tiga lantai tersebut seperti bangunan tidak terpakai. Bahkan terdapat genangan air di dalam masjid. Petugas masjid dan mahasiswa bahu membahu membersihkan dengan semaksimal mungkin, meski gelap-gelapan. ***