TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Drs. H. Mursini, MSi mengaku sangat bangga dengan dilaksanakannya Vlog Contest Pariwisata Kuansing yang ditaja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing.

Rasa bangga dan apresiasi tersebut disampaikan Bupati Mursini saat membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Kepariwisataan, sebagai langkah awal dilaksanakannya Vlog Contest Pariwisata.

"Ini perdana dan saya pikir ini sebuah gagasan yang sangat mantap. Sebab, keberadaan internet akan membuka daerah kita, masyarakat luar, dimana pun berada, bisa melihat daerah kita. Semua itu, tergantung pada para peserta vlog," papar Mursini saat membuka FGD pada Sabtu (13/4/2019) di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

Karena itu, Mursini meminta para peserta untuk membuat video kreatif yang mampu memberikan daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

"Kuansing ini sangat indah dan sangat banyak potensi wisata. Untuk air terjun saja, tercatat 32 air terjun. Itu yang tercatat saja dan masih banyak yang lain. Nah, destinasi wisata ini harus bisa dikemas secara baik," ujar Mursini.

Pengembangan sektor pariwisata, lanjut Mursini, harus melibatkan semua pihak. Pemerintah akan kesulitan bila tak mendapat dukungan dari masyarakat.

"Nah, bagi generasi muda, kaum milenial, mengabarkan kepada dunia tentang potensi pariwisata Kuansing, itu sudah bersumbangsi untuk Kuansing," ujar Mursini.

Untuk itu, ia berharap seluruh peserta serius mengikuti vlog contest tersebut. Sebab, jika bersungguh-sungguh, para peserta akan mendapatkan keuntungan secara pribadi.

"Keuntungannya, hobi tersalurkan, dan ada hadiah yang sudah disiapkan panitia. Keuntungan jangka panjang, youtube ini membayar setiap creator dan keuntungan untuk daerah, kita dapat promosi gratis," papar Mursini.

Sebelum itu, Idi Susianto, Ketua PWI Kuansing menyatakan vlog contest dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Kabupaten Kuansing tahun 2019.

"Sebelum vlog contest dimulai, kita menyatukan persepsi para peserta, maka dilaksanakan FGD Kepariwisataan," ujar Idi.

Terbukti, puluhan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlebih, adanya semangat dan dukungan yang disampaikan bupati beserta para pemateri.

Dalam kesempatan ini, PWI Kuansing menghadirkan Sekda Kuansing Dr Dianto Mampini, Kepala Bappeda Kuansing yang diwakili Andi Zulfitri dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Indra Suandy.

Senada dengan itu, Wirman Susandi selaku Ketua Panitia Pelaksana mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan dari Pemkab Kuansing pada pelaksanaan vlog contest pariwisata.

Secara teknis, para peserta akan membuat video tentang pariwisata Kuansing yang meliputi aspek budaya, reliji, kuliner dan eco-wisata. Dimana, para peserta akan menayangkan minimal dua video dalam satu bulan.

"Vlog ini dimulai dari April sampai Agustus 2019. Targetnya, satu peserta memiliki minimal 8 video sampai batas waktu yang ditentukan," ujar Wirman.

Salah satu indikator penilaian adalah jumlah penonton. Video yang viral berpeluang untuk meraih total hadiah Rp15 juta. Juara I berupa uang pembinaan senilai Rp5 juta, juara II uang pembinaan Rp3,5 juta, juara III Rp2 juta, juara IV Rp1 juta dan juara V Rp750 ribu.

"Tidak hanya itu, kita juga memberikan hadiah menarik untuk juara VI sampai X dan semuanya akan diberi piagam. Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan pada malam puncak Festival Pacu Jalur 2019," tutup Wirman.***