SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Siak mulai memproses alokasi dana yang diperuntukkan untuk pembangunan desa. Jumlahnya cukup fantastis, mencapai Rp3 miliar per desa. Agar penggunaan anggaran ini tepat sasaran, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengingatkan kepada semua kepala desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) agar berhati-hati menjalankan amanah ini.


"Tahun ini tantangan terberat bagi perangkat desa. Saya ingatkan hati-hati menggunakan anggaran yang mencapai Rp3 miliar per desa ini. Jangan ada yang tersangkut hukum," tegas Syamsuar kepada GoRiau.com, Kamis (26/2/15).


Dijelaskan Syamsuar, pemerintahan memberikan kepercayaan besar terkait alokasi dana untuk peningkatan pembangunan di masing-masing desa di tahun 2015 ini. Untuk Alokasi Dana Desa (ADD) anggaran yang diberikan tidak merata, namun paling rendah nilainya mencapai Rp2 miliar per desa. Ditambah dana Kelompok Masyarakat (Pokmas) yang nilainya mencapai Rp500 juta dan dana bantuan dari Pemprov Riau sekitar Rp500 juta. Belum lagi dana bantuan yang berasal dari pemerintah pusat.


"Jika dihitung rata-rata tiap desa mengelola sekitar Rp3 miliar lebih untuk tahun ini," ujar Bupati.(nal)