PADANG PANJANG - Satu orang dilaporkan tewas akibat tabrakan beruntun yang terjadi di jalan lintas Padang Panjang-Bukittinggi, Jorong Bintungan, Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Jumat (4/10/2019) sore.

Sebanyak 8 kendaraan terlibat dalam kecelakaan tersebut dan satu orang tewas, sementara tiga rumah rusak. Korban meninggal bernama Supiyah (39 tahun) yang merupakan penumpang truk tronton, warga Deli Serdang, Sumatera Utara.

Dikutip dari Covesia.com, Kasatlantas Padang Panjang, Iptu Mendrofa mengatakan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 15.10 WIB. Kejadian berawal dari truk tronton nopol BK 9375 BL yang dikemudikan Sofyan Arif (38 tahun) dengan penumpang Rahmatsah (41) dan Supiyah (39). Tronton yang datang dari arah Bukittinggi menuju Padang Panjang itu hilang kendali.

"Diduga kendaraan itu tidak terkendali dan menabrak Mitsubishi Colt Diesel nomor polisi BA 8904 AH yang dikemudikan Agusman Pelangi (29 tahun)," katanya.

Tidak hanya sampai disitu, jelas Mendrofa, kendaraan yang dikemudikan Agusman Pelangi juga menimpa rumah warga yang berada di sebelah kanan jalan serta menabrak kendaraan sepeda motor milik Frengki Sanjaya (27 tahun) dan kendaraan bermitor milik Baret Saputra (21 tahun).

Kemudian menabrak kendaraan minibus nomor polisi BA 1473 OK yang dikemudikan Doni (40 tahun) dan kendaraan minibus BA 1398 NN yang dikemudikan Susilawarni (55 tahun) yang datang dari arah berlawanan.

Selanjutnya truk yang dikemudikan Sofyan menabrak bus pariwisata BA 7096 MU yang dikendarai Syafril (38), kemudian truk tronton rebah ke kiri jalan sehingga menimpa rumah warga dan kendaraan Mitsubishi L300 BA 1971 WM yang terparkir di kiri jalan.

"Akibatnya satu orang penumpang truk tronton tewas di lokasi dan sejumlah korban tabrakan lainnya mengalami luka-luka. Semua korban dilarikan ke rumah sakit terdekat," ujarnya.

Mendrofa menyebutkan, kecelakaan beruntun itu mengakibatkan kemacetan panjang dari arah Bukittinggi - Padang Panjang dan sebaliknya. Beberapa jam kemudian arus lalu lintas kembali lancar usai dilakukannya evakuasi terhadap kendaraan yang mengalami kecelakaan.

"Kini pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut," katanya.(deb/cvs)