PEKANBARU -Tugu Virus Corona seperti namanya, merupakan tugu yang berbentuk virus Corona penyebab Covid-19 yang sampai saat ini masih mewabah di Kota Pekanbaru dan berbagai daerah lainnya.

Meskipun virus Corona menakutkan, namun tugu ini terlihat lucu dan menjadi daya tarik wisatawan, dengan kombinasi warna ungu dan tulisan 'Corona' yang beragam warna.

Objek wisata setinggi 4 meter ini dapat dilihat saat berkunjung ke lokasi wisata Asia Farm, di Kota Pekanbaru. Ternyata tugu ini memang sengaja dibuat untuk menjadi bukti sejarah adanya pandemi virus tersebut di Kota Pekanbaru.

"Kita membuat Tugu Virus Corona ini karena pandemi adalah salah satu sejarah di kehidupan kita yang tidak bisa kita lewatkan. Sengaja kita desain warna warni yang lucu, supaya orang tidak perlu takut dengan pandemi, tetapi berhati-hati dalam menjalankan kehidupan normal baru," ujar Manajer Asia Farm, Edy di Pekanbaru, Senin, 28 Desember 2020 lalu.

Edy juga mengatakan, tersebut juga bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat agar berwisata di tengah pandemi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Menurutnya, sektor pariwisata juga berdampak pada pandemi Covid-19. Oleh karenanya, pengelola objek wisata harus kreatif untuk beradaptasi dan bertahan.

"Kita sempat kocar-kacir karena ada 70 orang yang bekerja di tempat ini, sedangkan saat PSBB lalu kita tidak boleh buka," terang Edy.

Setelah dapat kembali beroperasi, ia berpendapat pelaku wisata harus menjaga dan memastikan pengunjung mengkuti protokol kesehatan, seperti pengunjung wajib bermasker, menyediakan tempat cuci tangan, dan menjaga jarak.

"Kami bersyukur Asia Farm konsepnya wisata tempat terbuka, dan kini luas area kami mencapai enam hektare dan ada 40 wahana serta 26 satwa peternakan untuk edukasi. Meskipun jumlah pengunjung tidak seramai sebelum pandemi," terang Edy. ***