JAKARTA - Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Djoko Pramono mendukung penuh ketegasan pemerintah (Menpora RI Zainudin Amali) dalam penerapan paradigma baru pemberangkatan cabang olahraga ke berbagai multievent internasional, termasuk SEA Games 2021 Vietnam.

"Saya setuju, ketegasan dalam olahraga perlu, sekian lama hanya dua cabor yang diikuti di olimpiade. Semoga dengan paradigma baru ini bisa lebih banyak cabor yang akan lolos ke olimpiade," kata Djoko Pramono saat ditemui di sela-sela pelaksanaan pelatnas PB PABSI di Komplek Marinir, Kwini, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022).

Menurutnya, jika tidak ada perubahan dan ketegasan dari Menpora Amali maka prestasi olahraga Indonesia tidak akan mengalami kemajuan.

"Ketegasan itu harus Pak Menteri, jika tidak maka olahraganya akan gitu-gitu aja. Masa berapa tahun pak yang dapat medali olimpiade hanya 2 cabang. Bapak sekarang menteri maka harus tegas Pak. Insha Allah akan bertambah lima cabang," haraap Djoko.

Sebelumnya, ditempat yang sama Menpora Amali menyampaikan tentang paradigma baru tim review merupakan suatu hal yang baru di cabang olahraga. Di SEA Games Filipina, Indonesia mengirimkan 1.400 atlet dan ofisial. Berkaca dari hal itu, pemerintah akan lebih menyaring pemberangkatan cabor ke multievent.

"Sekarang yang akan kita kirim, adalah benar-benar yang bisa berprestasi. Dan itu bukan saya yang menentukan tapi tim review yang terdiri para akademisi, praktisi, perwakilan dari KONI dan NOC Indonesia jadi sangat objektif," ujar Menpora Amali didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti dan Ketua Tim Review PPON Kemenpora, Prof. Asmawi. ***