PEKANBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau mengimbau seluruh calon peserta Pemilu untuk menahan diri terkait mulai banyaknya baliho yang dipasang di beberapa ruas jalan di Pekanbaru, Riau.

''Semua masih calon peserta, belum sebagai peserta. Kami mengimbau seluruh calon untuk menahan diri,'' ujar Ketua Bawaslu Riau, Alnofrizal menjawab GoRiau.com, Jumat (14/10/2022).

Dikatakan, saat ini tahapan Pemilu 2024 masih pada tahap verifikasi partai calon peserta Pemilu.

''Kami berharap semua calon peserta baik Pileg maupun Pilpres menahan diri dulu. Tahapan sosialisasi belum dimulai,'' tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Ilham Yasir mengatakan, pihaknya belum bisa mengomentari suatu hal yang belum menjadi wilayah kewenangannya. Pasalnya, KPU belum memasuki ke kewenangan soal alat peraga tersebut.

''Kewenangan kami terkait baliho-baliho tersebut belum ada. Tahapan Pemilu belum sampai kesana. Belum sampai ke penetapan peserta Pemilu,'' ujarnya.

Seperti diberitakan GoRiau.com sebelumnya, dalam beberapa hari terakhir, Kota Pekanbaru mulai ''ditaburi'' baliho calon Presiden Anies Baswedan yang disandingkan dengan para politisi partai Nasdem.

Meski Pemilu 2024 masih lama, namun baliho itu hampir terlihat di seluruh sudut kota terutama di jalan - jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan Soekarno Hatta hingga Jalan Tuanku Tambusai.

Pengamatan GoRiau.com, Kamis (13/10/2022) malam, terlihat baliho - baliho tersebut tergolong besar-besar dan mencolok.

Bahkan di beberapa titik baliho tersebut juga layaknya baliho komersial yang dilengkapi dengan lampu penerangan.

Umumnya baliho-baliho itu memuat dua foto yakni foto Anies Baswedan di sebelah kanan dan foto politisi Nasdem di sebelah kiri. Dengan beberapa model tulisan seperti ''Anies Baswedan Presidenku, NasDem Partai Ku'', ada juga yang bertuliskan ''Anies Baswedan Calon Presiden dari Partai NasDem'' dan lengkap dengan nama polisi Partai NasDem' yang menjadi Bacaleg.

Sementara itu, Partai Nasdem mengakui bahwa pihaknya memang sedang mensosialisasikan pencapresan Anies Baswedan lewat baliho dan spanduk di berbagai daerah termasuk Pekanbaru, Riau. Hal itu sesuai dengan instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem.

''Itu sesuai dengan instruksi DPP. Seluruh DPW, DPD dan Bacaleg dari Partai NasDem diminta untuk mendukung dan mensosialisasikan pencapresan Anies Baswedan yang sudah dideklarasikan partai Nasdem, baik melalui media sosial, cetak dan pemasangan spanduk serta baliho di masing-masing wilayah,'' ujar Ketua Bappilu DPW Partai Nasdem Provinsi Riau Dedi Harianto Lubis, SH menjawab GoRiau.com, Kamis (13/10/2022) malam.

Saat ditanya apakah waktu sosialisasi tidak tidak menunjukkan kepedulian Nasdem dengan kondisi ekonomi global yang saat ini sedang dilanda krisis? Dedi menegaskan, kegiatan itu seiring sejalan dengan kegiatan yang bersifat sosial.

''Tentu semuanya seiring sejalan, untuk program-program yang bersifat sosial masing masing juga melakukan, kader kader juga tetap diminta turun melakukan program program yang menyentuh masyarakat,'' tegasnya. ***