PADANG - VD (17), siswi salah satu SMA di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), menjadi korban pemerkosaan yang dilakukan lima pria. Salah seorang dari pelaku merupakan pacar korban.

Dikutip dari Kompas.com, pemerkosaan terhadap VD tersebut terjadi pada Ahad (22/3/2020) dini hari. Kejadian itu bermula ketika korban diajak pacarnya, HZ (24), jalan-jalan di malam Minggu.

HZ membawa korban ke lapangan bola di Kecamatan Kubung. Di lokasi itu, ternyata sudah menunggu lima rekan HZ, yakni ZF (18), RR (20), SJ (20), AR (19) dan GML (16).

Setibanya di lokasi, HZ memaksa korban melayaninya berhubungan intim. Karena korban menolak, empat rekan HZ, yakni ZF (18), RR (20), SJ (20) dan AR (19) membantu memegang tangan dan kaki korban.

Setelah HZ, empat rekannya ikut memerkosa korban secara bergiliran.

Terancam 15 Tahun Penjara

Kapolres Solok AKBP Azhar Nugroho yang dihubungi Kompas.com, Selasa (24/3/2020) mengatakan, polisi segera menangkap kelima pelaku pemerkosaan siswi tersebut, setelah mendapat laporan dari orangtua korban.

''Lima tersangka kita tangkap setelah keluarga korban melapor ke polisi Senin (23/3/2020). Saat ini tersangka sudah diamankan,'' kata Azhar.

Polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap GML, rekan pelaku. GML saat ini sebagai saksi karena tidak terlibat dalam pemerkosaan tersebut.

Azhar mengatakan, aksi bejat para tersangka tersebut akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Karena status korban masih di bawah umur, menurutnya pasal yang digunakan untuk menjerat para tersangka itu adalah Undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

''Karena korban masih di bawah umur, maka tersangka dijerat dengan undang-undang perlindungan anak,'' kata Azhar.***