BENGKALIS -Guna mensinergikan dan membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengan (UMKM), Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis menjalin kerjasama kemitraan dengan PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER).

Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) antara Ketua Kadin Bengkalis, Masuri, SH dengan Direktur Utama PT PER, Syamsul Bakri, SE, MM di Kantor Kadin Jalan Sri Pulau, , Jumat (5/4/2017).

Dalam MoU tersebut, PT PER akan memberikan pinjaman modal kepada pelaku usaha UMKM di Bengkalis untuk melancarkan bisnis melalui Kadin.

Direktur PT PER Syamsul Bakri mengatakan, pasca penandatangan MoU peminjaman modal usaha bagi pelaku usaha UMKM di Bengkalis ke PT PER akan diseleksi Kadin.

"Semua permohonan di Bengkalis kepada PT PER akan diseleksi melalui Kadin Bengkalis, "ungkap Syamsul.

Diutarakannya, selain kerjasama kemitraan permodalan, PT PER juga akan membantu melakukan pembinaan UMKM baik segi manajemen usaha hingga pemasaran.

Sementara Ketua Kadin mengungkapkan, kerjasama dengan PT PER merupakan bentuk keseriusan Kadin dalam memperhatikan kendala-kendala yang dialami UMKM khususnya dalam segi permodalan.

"Kita bersyukur PT PER membuka diri dan turun langsung ke Bengkalis untuk menjawab kendala itu. Kita dari Kadin sangat mengapresiasi," imbuhnya.

Terkait peminjaman modal, sambung Masuri, Kadin akan melakukan verifikasi besar kecilnya pinjam diberikan kepada pelaku usaha serta pemahaman tentang manajemen agar tidak ada kendala di kemudian hari.

"Bagaimana pun ini harus dikembalikan. UMKM merupakan akar rumput perekonomian. Makin banyak UMKM tumbuh, maka makin baik pertumbuhan ekonomi," jelasnya.

Penandatanganan MoU itu disaksikan Direktur Eksekutif Kadin Riau Kholis Ramli, pengurus Kadin Bengkalis dan UMKM binaan Kadin Bengkalis.*** #BENGKALIS