TEMBILAHAN-Setelah melalui berbagai proses dari pendaftaran hingga penerimaan, akhirnya, 329 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Indragiri Hilir (Inhil), Riau yang lulus dalam tes yang diselenggarakan tahun 2018 lalu menerika SK yang diserahkan langsung oleh Bupati Inhil, HM Wardan.

Penyerahan SK yang dilaksanakan di Gedung Engku Kelana, Jumat (1/3/2019) tersebut turut dihadiri Sekdakab Inhil, Said Sayrifuddin serta beberapa pejabat eselon Pemkab Inhil.

Dalam arahannya, kepada para CPNS, Bupati berpesan agar bekerja dengan baik dan memberikan pelayanan yang maksimal.

"Kita sebagai abdi negara ini tugasnya melayani masyarakat, bukan kita yang minta dilayani," cetus Bupati.

Ads
Apalagi mengingat sebagai CPNS, dikatakan Bupati harus bekerja dengan benar dan mengikuti semua peraturan yang berlaku, sehingga nantinya bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang utuh.

"Terhitung mulai hari ini mereka sudah terikat dengan ketentuan sebagai calon pegawai negeri. Mereka akan berproses mengikuti diklat-diklat, nanti baru mengikuti pendidikan hingga menjadi pegawai negeri yang utuh," lanjutnya.

Untuk itulah ia berpesan agar CPNS ini bekerja sesuai dengan nilai-nilai yang menggambarkan kedisiplinan hingga menjadi pegawai yanh profesional.

"Sekarang kan masih CPNS belum jadi ASN, masih berproses, maka dari itu jangan berani melanggar ketentuan yang ada, karena akan dibatalakan. Untuk itu pahami betul, sehingga menjadi pns yang profesional," tukas HM Wardan.

Semula, dari total 5.382 orang peserta yang mengikuti SKD CPNS Inhil, hanya 52 orang yang berhasil mencapai Passing Grade.

Namun setelah diberlakukannya sistem perangkingan, tercatat 782 peserta bisa mengikuti tes SKB. Namun dari 782 yang dinyatakan lulus, 13 orang tidak ikut mendaftar ulang dan 3 tidak datang saat ujian.

Sehingga dari 766 yang mengikuti SKB, 329 dinyatakan lulus. Sementara, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) memberikan jatah sebanyak 342 kuota untuk Inhil. (ayu)