PEKANBARU - Meskipun pemerintah telah menetapkan larangan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441H di tengah pandemi Covid-19yang semakin meluas, namun PT Hutama Karya (Persero (Hutama Karya) selaku salah satu Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia tetap melakukan berbagai persiapan agar dapat memberikan pelayanan optimal di seluruh ruas tol yang dikelolanya.

Salah satunya, HK akan membuka kembali secara fungsional ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) Seksi 1 Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 Kilometer (Km) mulai Senin (18/5/2020) hingga H+7 lebaran mendatang dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Meski Tol Permai Seksi 1 dibuka fungsional, HK tetap akan mempersiapkan dua titik pos check point untuk memenuhi protokol Covid-19 di Tol Permai Seksi 1," kata Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol HK, J Aries Dewantoro kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (15/5/2020).

Persiapan ini, kata Aries, dilakukan dengan mengikuti protokol pencegahan Covid-19 yang mengacu pada SE Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 07/SE/M/2020 di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) serta transaksi di gerbang tol serta arahan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui Surat Direktur Bina Marga nomor BM.07.02-Db/418 tanggal 29 April 2020 perihal kesiapan infrastruktur Jalan Tol dalam Melengkapi Idul Fitri Tahun 2020/1441 H.

Ia menjelaskan, bahwa hingga sepuluh hari menjelang Lebaran tahun 2020, HK telah membentuk tim tanggap darurat Covid-19 yang bertugas untuk memastikan bahwa semua cabang tol yang dikelola telah melakukan tindakan pencegahan dan sosialisasi mengenai Covid-19.

"Dengan adanya tim tanggap darurat kami bisa memantau apa saja yang telah dilakukan disetiap cabang tol dalam pencegahan Covid-19. Sebelumnya kami juga telah melakukan simulasi dan edukasi mengenai pencegahan dan penanganan Covid-19 sehingga nantinya dapat berguna di lapangan terutama pada saat libur lebaran," ujar Aries.

Kemudian, demi keamanan dan kenyamanan dari pengguna jalan, HK tetap membuka Tempat Istirahat Sementara (TIS) di ruas tol yang dikelolanya dengan tetap mengikuti protokol Covid-19 untuk tidak memperbolehkan adanya penjual makanan atau minuman demi menerapkan menjaga jarak. HK juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti CCTV, VMS, Kendaraan Siaga (Mobil Ambulans, PJR, Derek dan lainnya) di setiap cabang tol yang dikelolanya.

"Ini untuk memastikan pengguna jalan selamat sampai tujuan," ujarnya. ***