JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu. Mantan aktivis mahasiswa 98 ini dikabarkan kolaps saat berada di penerbangan Jakarta - Palangka Raya, Kamis (19/12).

Kebenaran kabar ini sudah dikonfirmasi rekan politikus separtai, Eva Sundari Kusuma saat dihubungi Liputan6.com, di hari yang sama, Kamis (19/12).

Sebelum dikonfirmasi Eva Sundari, sudah bermunculan kabar sakitnya Adian di media sosial sejak Rabu (11/12) lalu. Namun kabar hoaks tersebut sudah dibantah oleh Kominfo, Kamis (12/12).

Kondisi Adian Napitupulu saat ini sudah mendapatkan pertolongan pertama di Rumah Sakit Silvanus Palangka Raya, dan kondisinya sudah membaik.

Perokok Berat

Penyebab pasti kolaps-nya Adian Napitupulu memang belum dikonfirmasi resmi oleh pihak keluarga maupun PDIP. Eva selaku rekan kerja berpendapat, kalau rokok bisa menjadi kemungkinan terbesar Adian mengalami masalah kesehatan tersebut.

"Dia (Adian) sudah pakai ring di jantung. Kebanyakan merokok," ujar Eva Sundari dilansir dari Liputan6.com.

Sosok Adian dikenal sebagai politikus yang nyentrik dengan gaya santai. Kerap berpakaian sederhana, dan bergaya seperti anak muda indie yang identik dengan jeans, kopi dan rokok.

Sudah Pasang Lima Ring Jantung

Rokok menjadi salah satu faktor penyebab utama penyakit jantung. Kondisi jantung yang semakin lemah akan menurunkan fungsi, sehingga untuk menunjang kinerjanya, ring jantung menjadi solusi.

Dari penuturan Eva dibenarkan kalau Adian sudah memakai ring jantung. Pernyataan ini juga pernah diungkapkan langsung oleh Adian Napitupulu ketika namanya disebut salah satu calon menteri Jokowi.

Adian mengaku tak ingin menjadi menteri karena memiliki riwayat jantung. Ia juga mengaku sudah memasang lima ring di jantungnya.

"Kalau saya, saya sudah pasang ring jantung lima enggak kuat ngikutin jalannya Jokowi lagi," ungkap Adian kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Dikabarkan Kolaps saat Penerbangan

Adian Napitupulu dikabarkan mengalami kolaps saat berada di penerbangan Jakarta-Palangka Raya, Kamis (19/12). Adian terbang ke Palangka Raya dalam rangka mengemban tugas DPR Komisi I.

Begitu mendarat di Bandara Palangka Raya, Adian langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, RS Silvanus Palangka Raya untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Berdasarkan kabar terbaru, Adian sudah ditangani langsung oleh tim dokter dan kondisinya sudah membaik.

Kabar Terbaru Adian Napitupulu

Rekan politikus PDIP, Erico Sotarduga mengonfirmasi kondisi Adian Napitupulu saat ini. Dilansir dari Liputan6.com, Erico mengatakan kalau kondisi Adian sudah membaik.

"Tadi (Adian) sudah ada respon yang positif menerima telepon dari istri terkasih dari Jakarta," ujar Erico, Kamis (19/12).

Erico juga meminta semua pihak untuk berdoa untuk kesembuhan Adian Napitupulu, agar bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Sempat Jadi Kabar Hoaks

Rabu (11/12) lalu, media sosial dihebohkan dengan foto Adian Napitupulu yang terduduk lemas di kursi roda. Dilansir dari konfirmasi Kominfo, Kamis (12/12), Adian dikabarkan sakit, namun sudah dibantah dan berita tersebut dikategorikan sebagai hoaks.

Foto yang beredar di media sosial tersebut adalah foto Adian Napitupulu saat menjalani perawatan tahun 2017 silam. Adian memang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik karena sudah lama menjadi perokok berat.***