SIAK - Malam kesembilan Ramadan, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Tengku Said Hamzah turun langsung melakukan ramadan Pemkab Siak di masjid Al Alim, Kampung Sengkemang, kecamatan Koto Gasib. Beberapa pesan khusus disampaikan Sekda Siak kepada masyarakat.

Dikatakan Sekda, beberapa musibah bisa diantisipasi tidak terjadi jika masyarakat Siak teliti memeriksa kondisi rumah sebelum ditinggalkan ibadah ramadan atau pun nanti saat mudik lebaran.

"Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kompor masih menyala. Itu sangat rawan terjadi kebakaran. Kemudian, jendela dan segala pintu dipastikan terkunci dengan benar. Jika perlu tambahkan dengan kunci ganda," sebut Tengku Said Hamzah.

Untuk masyarakat yang akan mudik lebaran nantinya, lanjut Sekda tidak ada salahnya menitipkan rumahnya kepada RT setempat.

"Agar mudah dipantau jika ada orang tak dikenal berada di sekitar rumah kita. Ini menghindari rumah jadi sasaran maling," ujarnya lagi.

Hal ini penting dilakukan guna mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman dan tentram. Keamanan lingkungan menjadi tanggung jawab bersama dimulai dari tingkat kampung. ***