TELUKKUANTAN - Kaum bapak di Logas Tanah Darat (LTD), Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tidak perlu cemas dan khawatir lagi ketika istri hamil, terlebih jika mau melahirkan. Sebab, kini sudah ada Jamela yang siaga 24 jam.

Jamela bukanlah gadis muda, melainkan sebuah program layanan yang dijalankan Puskesmas Perhentian Luas dalam membantu ibu-ibu melahirkan. Ya, Jamela adalah singkatan dari Jemput Antar Melahirkan.

Menurut Nopriwan Malus, Kepala Puskesmas Perhentian Luas, program ini bertujuan untuk menekan tingginya angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan LTD.

"Program Jamela menjawab persoalan rendahnya angka persalinan di fasilitas kesehatan. Kami membentuk tim untuk menjemput ibu yang akan melahirkan, supaya melahirkan di Puskesmas," ujar Nopriwan baru-baru ini.

Lebih lanjut, Nopriwan memaparkan ibu hamil di LTD sudah mendapat perhatian khusus. Tentunya, dari bidan baik yang bekerja di UPTD maupun di desa.

Para bidan harus proaktif dalam memantau keberadaan ibu hamil. Ketika ada, maka bidan langsung memberitahu program layanan Jamela. "Pas waktu melahirkan, bidan tinggal telpon dan kita langsung meluncur."

"Kalau sudah melahirkan dan diperbolehkan pulang oleh dokter, kita antar ke rumahnya," tambah Nopriwan.

Nah, tentunya program layanan ini sangat diidamkan oleh masyarakat, khususnya kaum bapak-bapak. Sebab, mereka tak lagi pusing untuk mencari kendaraan ke Puskesmas. Terlebih, masih ada beberapa desa di LTD sulit dijangkau roda empat.***