RENGAT, GORIAU.COM - Hasil rapat persiapan awal Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2012 enunjuk Kecamatan Sei Lala sebagai tuan rumah MTQ ke-42 tingkat kabupaten Indragiri Hulu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu, Drs H Raja Erisman MSi di Pematang Reba mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Inhu akan dilaksanakan pada November mendatang. Sesuai hasil rapat persiapan awal Kecamatan Sungai Lala sudah menyatakan kesiapannya.

''Kita sudah melakukan beberapa kali rapat bersama pihak terkait dalam melaksanakan MTQ Kabupaten ke-42, terakhir kita menyepakati kalau Kecamatan Se- Lala sebagai tuan rumah tahun 2012 ini,'' ujar Erisman.

Erisman juga mengharapkan semua camat di Inhu agar mempersiapkan kafilah masing-masing untuk menghadapi MTQ tersebut. Baik persiapan qori-dan qoriah yang akan bertanding, maupun persiapan lainnya.

''Sehingga semua kafilah kecamatan bisa mengikuti MTQ tersebut secara maksimal jika persiapan dilakukan jauh hari sebelum pelaksanaan,'' jelasnya.

Kecamatan yang keluar sebagai juara umum dalam MTQ ke-42 ini akan diutus untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau. Oleh sebab itu masing-masing kafilah agar melakukan latihan dalam persiapan mengiti lomba tersebut.

''Kita juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Inhu sebagai dewan juri hakim dalam memberikan penilanan kepada peserta yang diutus masing-masing kecamatan,'' tutur Erisman.

Di tempat terpisah Kepala Kemenag Inhu, Drs H Abd Kadir melalui Kasi Penamas, Rajuki Riduan MA mengatakan, secara teknis lomba dibawah koordinasi pihak Kemenag Inhu seperti menentukan dewan hakim dan cabang yang dilombakan.

Untuk dewan hakim sudah ada di lingkungan Kemenag, begitupun dengan cabang yang dilombahkan juga sudah ditetapkan. Dimana cabang-cabang tersebut adalah yang sudah lazim dilombakan dalam semua kegiatan MTQ tingkat kabupaten seperti cabang tilawah, kaligrafi, fahmil, hifzil, tartil, dan beberapa cabang yang lain.

Di tempat sama, Kabag Kesra Setdakab Inhu, Gema mengatakan, MTQ Kabupaten Inhu ke-42 berlangsung selama tujuh hari. Kegiatan dimulai tanggal 17 November 2012. Panitia inti langsung kepada pihak kecamatan dan Kantor KUA serta instansi lain di kecamatan dan kepala desa. (wsr)