PEKANBARU - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru memperkirakan Pemko Pekanbaru akan menghemat tagihan listrik sebesar 25 persen, pasca digantinya bola lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan bola lampu hemat energi. Dishub mengatakan pihaknya telah menyediakan 23.400 lampu hemat energi dengan ukuran 64 Watt yang akan dipasang di 5 rayon.

"Sejak Januari 2019 kemarin kita sudah melakukan pergantian lampu yang dipasang swadaya oleh masyarakat. Kita punya 23.400 bola lampu ukuran 64 Watt, dan kita perkirakan bisa memangkas tagihan listrik hingga 25 persen kedepannya," ujar Kadishub Pekanbaru Yuliarso, Jumat, (1/3/2019).

Yuliarso menjelaskan, mengganti bola lampu PJU ini dengan yang hemat energi merupakan cara tercepat pihaknya untuk memangkas tagihan listrik. Pasalnya, selama ini banyak bola lampu yang terpasang masyarakat berukuran 100-250 Watt, serta bohlam ilegal.

"Ini cara tercepat kita untuk mengurangi tagihan PLN. Kita mengganti bola yang dipasang masyarakat secara swadaya yang ukurannya 100-250 Watt, bahkan ada juga kita temui bolak ilegal yang dipasang tidak sesuai Perwako, sehingga kita usulkan ke PLN agar dicabut," jelasnya.

Sementara itu, Yuliarso juga mengklaim pihaknya sudah memasang 10.000 bolam hemat energi tersebut, dan penggantian bolam ini akan terus dilanjutkan hingga semua bolam lampu hemat energi terpasang.

Sementara itu, untuk bola lampu sebelumnya yang sudah digantikan akan menjadi aset Pemko.

"Sudah ada sekitar 10.000 an yang kita pasang. Sedangkan bola lampu yang sudah diganti itu akan menjadi milik Pemko, karena kitakan menggati dengan yang baru, bola yang sudah bekasnya kita masukkan kedalam aset untuk selanjutnya entah dimusnahkan atau bagaimana," jelasnya.***