PEKANBARU - Dari 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau, diketahui sebelas kabupaten dan kota lainnya masih berstatus zona kuning dan satu kabupaten berstatus zona hijau, yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Hal ini diketahui setelah tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 pusat merilis 57 kabupaten kota di Indonesia yang masih berstatus zona merah.

Namun dari 57 daerah zona merah yang disampaikan gugus tugas Covid-19 pusat tersebut tidak ada satu pun daerah yang berasal dari Provinsi Riau. Hingga saat ini sebelas kabupaten kota di Provinsi Riau masih berstatus zona kuning Covid-19. Sedangkan untuk daerah yang sudah masuk zona hijau hanya ada satu yakni Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Selebihnya masih zona kuning, baru satu yang masuk zona hijau, Rohil, karena memang disitu yang tidak ada kasus Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Senin (29/6/2020).

Belum ada penambahan daerah yang masuk zona hijau di Riau karena hingga saat ini di sebagian besar wilayah di Riau masih ada ditemukan pasien positif dan pasien dalam pengawasan atau PDP. Sehingga masih berstatus zona kuning.

"Dibeberapa daerah kita kan masih ditemukan kasus Covid-19, makanya belum berstatus zona hijau," ujarnya. ***