PEKANBARU - Rombongan Panglima TNI dan Kapolri tiba di Riau dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla), Rabu (12/2/2020).

Panglima TNI Marskal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jendral Pol Drs. Idam Azis, beserta rombongan, mendarat di Bandara VIP Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru sekitar pukul 15.52, menggunakan pesawat Boeing 737 TNI AU/A7308.

Kedatangan dua jenderal berbintang empat itu disambut langsung oleh Pangdam I/BB, Gubernur Riau, Wakil Gubernur, Kapolda Riau, Asintel Dam I/BB, Wassops Dam I/BB, Kapendam I/BB, Danrem 031/WB, dan Danlanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Kemudian Panglima TNI, Kapolri, dan rombongan langsung menuju room VIP Pandawa Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru untuk koordinasi dan makan bersama.

Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Letkol Sus M Zukri mengatakan, agenda Panglima dan Kapolri selanjutnya akan menuju ke gedung daerah untuk melaksanakan Rakor dengan Forkopimda Provinsi Riau.

"Usai dari Pandawa, Panglima dan Kapolri akan rapat koordinasi di Gedung Serindit Provinsi Riau, nanti disana baru ada dorstop," kata Zukri kepada GoRiau.com, Rabu sore.

Untuk diketahui, penanganan pencegahan Karhutla di Riau menjadi konsen pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan berbagai stake holder. Bahkan Kapolda olda Riau membuat aplikasi canggih bernama dashboard Lancang Kuning dan sudah diaktifkan.

Aplikasi tersebut sejauh ini sudah berjalan, dan cukup efektif mencegah kebakaran hutan yang terjadi meluas. Karena begitu titik api muncul, aplikasi dashboard lancang kuning langsung mendeteksi api dan petugas yang memonitor dari aplikasi miliknya langsung menuju titik api untuk melakukan pemadaman. Sehingga api tidak sempat meluas kemana-mana.***