PEKANBARU – Atlet National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Riau yang berjuang di Asean Para Games XI Tahun 2022, kembali pulang dan langsung disambut di Kediaman Gubernur Riau, Jalan Diponegoro, Kota Pekanbaru, Riau, Senin (8/8/2022).

Para atlet ini telah berhasil meraih 27 medali, yakni 15 medali emas, 10 medali perak dan 2 medali perunggu, sehingga turut berkontribusi dalam mendorong Indonesia meraih Juara Umum, dengan total perolehan 171 emas, 138 perak dan 110 perunggu di Asean Para Games XI Tahun 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada para atlet yang telah berjuang. Ia juga mengaku selalu mengikuti rangkaian kegiatan yang dijalani oleh NPCI Riau.

"Ini adalah prestasi yang membanggakan. Keberhasilan meraih medali ini adalah bukti perjuangan yang sepenuh hati, latihan selama ini sangat menggembirakan," ujarnya.

Namun, ia berpesan agar prestasi ini dapat terus bertahan dengan semangat latihan yang tidak kendor. Sehingga, NPCI Riau dapat menjadi pembawa nama baik Riau, serta menjadi motivasi dalam mencapai prestasi.

"Ini motivasi bagi yang lain agar dapat berprestasi. Terus berkarya dan berlatih bagi yang lain. Kami ucapkan selamat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua NPCI Riau Jaya Kusuma mengucapkan rasa syukur atas keberhasilan para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa Indonesia umumnya, dan Riau khususnya. Jaya juga berterimakasih kepada Gubernur Riau dan Dispora Pekanbaru atas dukungan hingga NPCI Riau dapat meraih prestasi membanggakan.

"Terimakasih Pak Gubernur dan terimakasih pak Kadispora atas dukungannya selama ini. Kami akan terus membina para atlet, termasuk akan mengupayakan atlet-atlet baru ke depan agar juga mampu berprestasi dengan baik," jelasnya.

Ia juga mengingatkan, kepada para atlet dan pengurus, bahwa prestasi ini diraih dengan kerjasama dan komunikasi yang baik diantara semua pihak. Maka dari itu, ia berharap semua pengurus dan atlet terus berkomitmen dalam kerjasama meraih prestasi.

"Saya ingatkan khususnya kepada pengurus, termasuk pengurus daerah selalu menjalin komunikasi secara baik. Kedisiplinan juga sangat diperlukan," tegasnya.

Selain itu, Kadispora Riau, Boby Rachmat yang turut menghadiri pertemuan di kediaman gubernur tersebut juga berterimakasih kepada para atlet.

"Kita bersyukur penyelenggaraan sukses, dan atlet mampu meraih prestasi. 27 medali terdiri dari 15 Emas, 10 Perak dan 2 Perunggu," pungkasnya.***