PEKANBARU - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Riau angkat bicara terkait Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim yang meninggalkan PAN sebagai perahunya melaju ke babak Pilkada serentak 2020.

Sekretaris DPW PAN Riau, T Zulmizan Assegaf mengaku sangat kecewa dengan sikap yang diambil oleh Said Hasyim, karena jelas-jelas selama ini Said Hasyim adalah kader PAN.

Partai besutan Zulkifli Hasan ini bahkan memberikan posisi yang sangat terhormat kepada Said Hasyim dengan diberikan kepercayaan mengisi posisi Ketua Majelis Penasehat Partai Daerah (MPPD) PAN Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Sudah di-SK-kan sejak lima tahun yang lalu," tegas Zulmizan kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Selasa (30/6/2020).

Karena pertimbangan tersebutlah, makanya DPP PAN memberikan surat tugas atau rekomendasi pada bulan Januari 2020 lalu kepada Said Hasyim untuk dijadikan bekal melamar ke partai lain.

Surat tugas ini merupakan jawaban DPP PAN atas usulan rapat pleno yang digelar oleh DPD PAN Kabupaten Kepulauan Meranti, kemudian diperkuat oleh DPW PAN Riau.

"Kalau bukan karena kader tidak akan semudah dan selancar itu urusannya," tambahnya.

Tapi ternyata, sambung Zulmizan, loyalitas Said kepada PAN tidak kokoh.

"Ternyata loyalitas beliau kepada PAN tidak begitu kokoh, hanya setipis kulit ari, kena goncangan sedikit sudah bubar," kata Zulmizan.

Hal ini tentunya sungguh disayangkan oleh PAN. Kendati demikian, PAN tetap menghormati keputusan tersebut karena itu merupakan hak politik Said Hasyim secara pribadi.

"Tapi ya sudahlah. Karena beliau telah mengundurkan diri dan mengembalikan KTA PAN, tentu syarat dan ketentuan berlaku. Kami akan segera membahas hal ini secara mendalam," tuturnya.

"Sangat terbuka peluang kita akan mengusulkan kepada DPP PAN agar mengevaluasi dukungan Pilkada kepada yang bersangkutan dan dialihkan kepada figur lain yang menurut PAN lebih patut dan layak tarung," tutupnya.

Sebelumnya, Said Hasyim memutuskan untuk mengundurkan diri dari partai PAN dan mengembalikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PAN ke DPD PAN Kepulauan Meranti. (grc/la)