SIDOARJO - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto datang di peringatan hari lahir (Harla) satu abad Nahdlatul Ulama (NU). Kedatangannya menjadi sorotan tersendiri warga NU. Ia langsung dikerumuni ratusan Nahdliyin.

Teriakkan dari warga NU untuk memberikan dukungan ke politisi Gerindra itu untuk menjadi next presiden pun bergumam di Stadion Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). "Presiden selanjutnya. Prabowo presiden," teriak jam’iyah.

Mendengar teriakan tersebut, Ketua Umum Gerindra itu tidak memberikan respon apapun. Ia hanya terus berjalan ke arah mobilnya sambil melambaikan tangannya. Lalu, mobil itu meninggalkan lokasi acara. Saat keluar, Prabowo terlihat didampingi oleh Sekjen DPP Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad. Juga ketua DPP Gerindra Prasetyo Hadi.

Muzani mengatakan, personel Partai Gerindra boleh dibilang paling lengkap hadir dalam acara ini. Ia pun bersyukur bisa datang dalam resepsi Harla satu abad NU. Sayangnya, ia tidak mau berkomentar tentang teriakan dukungan warga NU buat Prabowo.

Muzani menegaskan, kehadiran elite Partai Gerindra dalam perhelatan akbar organisasi terbesar di dunia itu, merupakan bentuk takzim kepada Nahdlatul Ulama. "Nahdlatul Ulama telah berkontribusi besar kepada bangsa ini. Kontribusi berupa pemikiran maupun konsep dan aksi pemberdayaan masyarakat dapat dilihat rekam jejaknya dengan terang-benderang, sejak era sebelum kemerdekaan hingga saat ini," tegasnya.

Partai Gerindra ingin meniru konsistensi NU dalam menciptakan berbagai program aksi pemberdayaan yang berujung pada kemaslahatan umat. Padahal, menurutnya, NU sudah mengalami banyak pasang surut dalam kiprahnya di Tanah Air. Namun tetap konsisten untuk kontribusi untuk negara. "Hal itu dibuktikan, misalnya, pemikiran tokoh Nahdlatul Ulama, Gus Dur, tentang pluralisme, pemberdayaan masyarakat, dan civil society, yang sangat mewarnai perjalanan kebangsaan di masa orde baru," jelasnya.

"Nahdlatul Ulama juga berhasil membangun militansi di antara para kadernya. Pada diri Nahdlatul Ulama, banyak sisi yang bisa dijadikan tauladan bagi Partai Gerindra. Oleh karena itu, pada perayaan 1 Abad NU ini, Partai Gerindra sengaja hadir lengkap," tandasnya.

Dalam acara puncak resepsi satu abad NU ini, hadir Presiden RI Joko Widodo, Wapres RI KH Ma'ruf Amin, Menkomarves RI Luhut Binsar Panjaitan, Menkopolhulkam Mahfud MD, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan lainnya.***