PEKANBARU – PT Hutama Karya (Persero) terus melangkah maju dalam membangun jalan tol di Provinsi Riau, salah satunya adalah seksi Bangkinang-Koto Kampar yang saat ini sudah mencapai 73,6% progress pembangunannya dan direncanakan rampung tahun 2023.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, Kamis, 9 Februari 2023 mengatakan bahwa terhubungnya seksi ini akan membuka akses pariwisata menuju destinasi populer Candi Muara Takus yang biasa dikunjungi umat Buddha untuk perayaan Tri Suci Waisak.

Koentjoro juga menyampaikan bahwa ruas-ruas dari Pekanbaru hingga Koto Kampar diprediksi akan menjadi tol dengan kontribusi trafik dan pendapatan terbesar dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hal ini dapat dilihat dari tingginya Volume Lalu Lintas (VLL) pada 162 Km tol kelolaan Hutama Karya yang beroperasi di Provinsi Riau, seperti Ruas Pekanbaru-Dumai dan Ruas Pekanbaru-Bangkinang.

GoRiau Gerbang tol Pekanbaru.
Gerbang tol Pekanbaru.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa tol ini merupakan bagian dari koridor penghubung jaringan JTTS yang dapat menghubungkan daerah di Provinsi Riau dan Provinsi Sumatera Barat. Konektivitas di JTTS juga dapat memangkas beban logistik dan meningkatkan taraf kompetitif Indonesia di tengah persaingan regional maupun global.

Dengan demikian, pembangunan tol di Provinsi Riau membuka peluang bagi peningkatan akses pariwisata dan memperbaiki sistem logistik di wilayah tersebut. ***