PADANG - Ribuan umat Islam di Sumatera Barat (Sumbar) menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok, (21/12/2018). Aksi dari gabungan berbagai ormas tersebut, merupakan bentuk protes terhadap pemerintah Republik Rakyat China (RRC).

Aksi protes itu digelar dengan cara long march dari Masjid Nurul Iman Kota Padang menuju kantor Gubernur Sumbar. Dalam orasinya, massa menuntut pemerintah RRC menghentikan pelanggaran HAM terhadap muslim Uighur dan menjamin hak-hak beragama umat Islam.

"Kami menuntut pemerintah RRC untuk segera menghentikan pelanggaran HAM terhadap umat Islam di Tiongkok," kata Ketua Relawan Masyarakat Indonesia (RMI) Sumbar, Erwin.

Selain itu, kata Erwin, muslim Sumbar juga menuntut Tiongkok menghentikan kekerasan dan meminta PBB, khususnya Dewan HAM, agar membentuk tim pencari fakta atas kekerasan yang menimpa muslim Uighur.

"Seandainya upaya-upaya diplomatik tidak membuahkan hasil, maka Dubes Tiongkok tidak layak ada di negeri ini," tegasnya seperti dilansir dari JawaPos.com.

Selain menandatangani pernyataan sikap, peserta aksi juga mengumpulkan donasi untuk membatu pengungsi muslim Uighur. Secara berangsur, massa pun membubarkan diri meninggalkan kantor Gubernur Sumbar sekitar pukul 16.30 WIB.(rcc/jpc)